Banyak pelaku usaha yang bertanya berapa biaya pengurusan izin usaha dagang. Izin usaha dagang ini mereka butuhkan sebelum atau saat mereka sedang menjalankan kegiatan usaha perdagangan.

Seperti kita ketahui bahwa dalam menjalankan sebuah usaha, baik itu skala kecil maupun besar wajib bagi seorang pelaku usaha untuk mengurus surat izin usaha dagang.

Surat izin usaha dagang ini menjadi salah satu dokumen penting yang wajib dimiliki. Selain bentuk kepatuhan terhadap aturan hukum negara, dengan memiliki surat izin usaha berarti pelaku usaha tersebut memiliki perlindungan hukum yang aman dan sah.

Pengertian Izin Usaha Dagang

Sebelum lebih lanjut kita mengetahui biaya pengurusan izin usaha dagang, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu pengertian dari izin usaha dagang.

Izin usaha dagang merupakan sebuah alat untuk membina, mengarahka, mengawasi, serta menerbitkan izin izin usaha di bidang perdagangan.

Pada dasarnya setiap perusahaan yang menjalankan kegiatan usaha perdagangan dan memiliki tujuan untuk memperoleh keuntungan, diharuskan untuk memiliki surat izin usaha dagang ini.

Pengurusan izin usaha dagang dapat dilakukan di kantor instansi pemerintah terkait, yakni seperti kantor pelayanan perizinan.

Pelaku usaha yang akan mengurus izin usaha dagang harus melengkapi beberapa dokumen penting terkait perusahaannya yang kemudian akan diserahkan kepada petugas kantor instansi terkait untuk ditindak lanjuti, diperiksa, dan disahkan serta diterbitkannya surat izin usaha dagang.

Surat izin usaha pada umumnya menjadi dokumen penting yang harus dimiliki sebuah badan usaha. Untuk itu, kita ketahui lebih dulu jenis jenis badan usaha yang harus memiliki surat izin usaha.

Jenis jenis Badan Usaha

Adapun jenis-jenis badan usaha adalah sebagai berikut:

1. Perusahaan Perseorangan

Salah satu bentuk usaha adalah perusahaan perseorangan, dimana badan usaha ini dimiliki oleh seseorang saja, sesuai dengan namanya.

Adapun pemilik usaha ini yang menjadi penanggung jawab penuh atas semua kegiatan usaha termasuk juga yang menanggung risiko usahanya.

Ciri ciri dari perusahaan perseorangan ini adalah dimiliki oleh seorang saja, pengelolaan terbilang sederhana dan terbatas, modal yang dimiliki tidak terlalu besar, serta kelangsungan hidup usahanya bergantung penuh pada sang pemilik dan penanggung jawab perusahaan.

Meskipun terbilang berat karena harus diemban sendiri oleh satu orang, tetapi membangun badan usaha bentuk perusahaan perseorangan ini memiliki kelebihannya sendiri.

Yakni dapat dimulai dengan mudah, karena hanya satu orang tersebut lah yang bisa mengelolanya, sehingga tidak bergantung dengan orang lain.

Selain itu, untuk mendirikan perusahaan perseorangan juga tidak harus memiliki modal yang besar. Hanya dengan modal yang sedikit saja anda sudah bisa mendirikannya, dan anda memiliki kebebesan dalam mengelola perusahaan tersebut, karena anda yang menguasainya sendiri.

Contoh dari perusahaan perseorangan ini seperti Usaha Kecil dan Menengah (UKM), misalnya rumah makan, bengkel, laundry, salon kecantikan, dan lain lain.




Perseroan Terbatas (PT)

Jenis badan usaha lainnya adalah perseroan terbatas yang paling sering kita dengar dan banyak didirikan para pelaku usaha.

Perseroan terbatas punya banyak kelebihan dibandingkan badan usaha lainnya. Seperti badan usaha yang bisa dimiliki sangat luas, pergerakan bidang usahanya pun juga terbilang bebas.

Ciri ciri dari PT ini kewajiban terhadap pihak luar terbatas sesuai dengan modal yang disetorkan, dan peralihan kepemimpinannya mudah.

Usia dari perusahaannya pun tidak terbatas, dan mampu untuk menghimpun dana dalam jumlah yang besar. Kegiatan usaha pun dapat berjalan dengan bebas, serta mudah dalam mencari karyawan.

Bahkan orang yang tidak memiliki saham pun bisa menjadi pemimpinnya, serta pajaknya berganda antara pajak penghasilan dan pajak dividen.

Persekutuan Komanditer (CV)

Selain PT, badan usaha lain yang juga banyak didirikan adalah persekutuan komanditer atau CV. CV ini menjadi pilihan bentuk badan usaha bagi pelaku usaha yang memiliki modal minim.

Pada CV ada beberapa sekutu yang secara penuh bertanggung jawab atas sekutu lainnya, dan salah satunya menjadi pemilik modal.

Tanggung jawab sekutu dalam CV ini terbatas berdasarkan jumlah modal yang diberikan. Sekutu dalam CV ini terbagi menjadi dua, yakni :
- Sekutu aktif : Anggota yang memimpin dan menjalankan perusahaan serta bertanggun jawab penuh atas utang utang perusahaan
- Sekutu pasif : Alias sekutu komanditer yaitu anggota lain yang hanya menanamkan modalnya kepada sekutu aktif, serta tidak ikut campur dalam urusan operasional perusahaan.

Sekutuf aktif bertanggung jawab atas risiko yang terjadi hingga batas modal yang ditanam.

Ciri ciri dari CV ini adalah didirikan oleh dua orang yang merupakan sekutu aktif dan sekutu pasif. Kelebihan dari CV ini adalah bentuk usaha yang dikenal masyarakat, jadi memudahkan perusahaan untuk ikut dalam berbagai kegiatan.

Bentuk usaha CV terbilang lebih mudah dalam memperoleh modalnya, karena dipercaya oleh pihak lembaga keuangan seperti bank.

CV juga lebih fleksibel, dan pembagian keuntungan diberikan pada sekutu komanditer dan tidak kena pajak penghasilan.

Koperasi

Koperasi ini menjadi badan usaha yang anggotanya adalah orang orang atau badan hukum koperasi. Kegiatan usahanya merupakan gerakan ekonomi rakyat yang berlandaskan asas kekeluargaan, dan disesuaikan dengan prinsip koperasi.

Koperasi ini merupakan perkumpulan orang orang yang tergabung berdasarkan kesukarelaan. Ada tujuan ekonomi yang dicapai oleh Koperasi, dan ada kontribusi yang adil terhadap modal yang dibutuhkan.

Anggota Koperasi akan menerima manfaat dan juga risiko yang seimbang dimana semuanya saling memikul tanggung jawab atas berjalan dan kemajuan dari Koperasi tersebut.

Kelebihannya dari Koperasi ini adalah sisa hasil usaha yang dihasilkan oleh Koperasi akan dibagi rata kepada semua anggota. Dimana anggota berperan menjadi konsumen serta produsen sekaligus.

Para anggota dalam Koperasi ini bergabung atas kesukarelaan tanpa adanya paksaan, serta mengutamakan kepentingan anggota.

Meskipun demikian, tentunya Koperasi juga memiliki kekurangan seperti halnya badan usaha lainnya. Yakni, Koperasi terbilang menjadi badan usaha dengan modal yang terbatas.

Koperasi juga memiliki daya saing yang lemah, serta tidak semua anggota memiliki kesadaran berkoperasi, dan sumber daya manusia yang terkadang kurang.

Yayasan

Yayasan berbeda dengan badan usaha lainnya, dimana Yayasan lebih cenderung mengutamakan kepentingan sosial dan memiliki badan hukum sendiri.

Ciri ciri dari Yayasan ini adalah dibentuk berdasarkan perundang undangan yang berlaku. Serta didirikan dengan akta notaris. Yayasan dibentuk dengan memisahkan kekayaan pribadi pendiri untuk tujuan nirlaba, religi, sosial, serta kemanusiaan.

Yayasan tidak memiliki anggota dan tidak dimiliki oleh siapapun, tetapi memiliki pengurus atau organ untuk merealisasikan tujuan dari Yayasan tersebut.

Yayasan dapat dibubarkan oleh pengadilan dalam kondisi pertentangan tujuan Yayasan dengan hukum, likuidasi serta pailit.

Kelebihan dari Yayasan ini adalah lembaga nirlaba yang rela membantu masyarakat karena menonjolkan jiwa sosial itu tadi.

Serta keberadaan Yayasan ini kerap kali membantu untuk bisa menciptakan keseimbangan sosial dalam masyarakat.

Tetapi sayangnya, Yayasan memiliki dana yang terbatas, itulah yang tentu menjadi hambatan kegiatan usaha yang dilakukan oleh pengurusnya.

Adapun contoh dari Yayasan yang banyak berdiri di Indonesia ini seperti Obor Berkat Indonesia (OBI), Insan Muda Mulia, atau Indonesia Mengajar.

Yayasan seperti ini biasa bergerak di bidang sosial, edukasi, serta religi untuk membentuk keseimbangan sosial di masyarakat.

Itulah beberapa jenis bentuk usaha yang banyak didirikan di Indonesia. Baik dengan tujuan mencari keuntungan, maupun berlandaskan kesukarelaan dan mengutamakan kepentingan sosial.

Kembali lagi dalam pengurusan izin usaha dagang. Untuk bisa mengurus surat izin usaha dagang ini anda bisa datang langsung ke Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan setempat.

Cara Pengurusan Izin Usaha Dagang

Sebelum anda datang ke kantor instansi terkait, anda lebih dulu harus melengkapi dokumen dokumen yang menjadi persyaratan administrasi.

Adapun dokumen penting yang harus anda siapkan adalah sebagai berikut :

Syarat untuk mengurus izin usaha dagang untuk badan usaha dengan modal 50 juta sampai 10 milyar (kelas kecil dan menengah) adalah :
- Foto kopi KTP direktur utama
- Foto kopi akta pendirian perusahaan dan SK kehakiman
- Asli izin domisili perusahaan (SITU)
- Foto kopi NPWP
- Pas foto berwarna direktur utama ukuran 3 x 4 sebanyak 3 lembar
- Asli surat keterangan dari gedung jika kantor di gedung dan jika di ruko sewa menyewa kantor

Biasanya proses dari pengurusan izin usaha ini adalah sekitar 8 sampai 10 hari kerja, tapi bisa juga dilakukan proses kilat hingga 5 hari saja.

Sementara dokumen yang menjadi persyaratan administrasi dalam membuat surat izin usaha dagang untuk perusahaan skala besar yakni dengan modal di atas 10 milyar adalah :
- Foto kopi akte perusahaan dan pengesahan kehakiman
- Foto kopi perubahan dan pengesahan kehakiman
- Foto kopi SK kehakiman dan perubahan
- Foto kopi surat perjanjian sewa menyewa kantor atau PBB
- Foto kopi NPWP perusahaan
- Foto kopi KTP direksi
- Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak dua lembar
- SIUP asli khusus perpanjangan atau perubahan
- Laproan keuangan dari akuntan publik jika perubahan atau perpanjangan
- Foto kopi KK jika penanggung jawab perusahaan adalah seorang wanita.

Prosedur Pengurusan Izin Usaha Dagang

Setelah semua dokumen penting di atas anda siapkan, maka anda bisa langsung mengurusnya ke kantor instansi terkait. Yakni dengan prosedur seperti berikut ini :

1. Mengambil formulir pendaftaran atau surat permohonan

Formulir pendaftaran ini bisa diambil di Kantor Dinas Perdagangan atau Kantor Pelayanan Perizinan setempat.

Jika anda tidak bisa datang ke kantor untuk mengambilnya, anda bisa meminta orang lain dengan memberinya surat kuasa yang dilengkapi materai dan tanda tangan anda.

2. Mengisi formulir pendaftaran

Jika sudah mendapatkan formulir pendaftaran, kemudian anda bisa mengisinya dengan benar dan lengkap. Lalu ditanda tangani dan diberi materai Rp 6000.

Hanya pemilik, direktur utama, atau penanggung jawab perusahaan yang bisa menanda tangani formulir pendaftara ini.

Setelah diisi dan ditanda tangani, kemudian di foto kopi menjadi dua rangkap dan digabung dengan dokumen lainnya yang menjadi persyaratan dalam pengurusan izin usaha dagang.

3. Membayar biaya pembuatan surat izin usaha dagang

Ada sejumlah tarif yang harus anda bayar dalam pengurusan surat izin usaha dagang ini. Namun mengenai besarannya, bergantung dari kantor pemerintahan masing masing, karena setiap kotamadya atau kabupaten akan berbeda beda.

Mengenai biaya pembuatan surat izin usaha ini telah diatur dalam Peraturan Daerah di masing masing wilayah hukum.

4. Mengambil surat izin usaha dagang

Biasanya proses pembuatan surat izin usaha dagang ini akan memakan waktu hingga dua minggu, atau bisa lebih cepat dari itu.

Setelah surat izin usaha dagang jadi, petugas Kantor Dinas Perdagangan akan menghubungi anda untuk memberitahu bahwa surat izin usaha dagang anda sudah jadi dan bisa diambil.

Biaya Pengurusan Izin Usaha Dagang

Mengenai biaya pengurusan izin usaha dagang ini anda bisa langsung menanyakannya kepada petugas di Kantor Dinas Perdagangan atau kantor pelayanan perizinan yang anda kunjungi untuk mengurusnya.

Tetapi jika anda mengurus surat izin usaha dagang ini menggunakan jasa pembuatan izin usaha maka anda akan dikenai tarif khusus. Dimana biasanya akan lebih terjangkau namun dengan kualitas yang terjamin.

Seperti kita tahu bahwa mengurus sendiri surat izin usaha dagang ini apalagi bagi anda yang belum pernah melakukannya maka akan sedikit rumit karena harus berhadapan dengan aturan birokrasi.

Banyak dari pelaku usaha yang tidak memiliki cukup waktu mengurusnya langsung ke kantor instansi terkait, akan memilih menggunakan jasa pengurusan izin usaha oleh pihak ketiga.

Saat ini banyak perusahaan yang menawarkan pengurusan izin usaha seperti Jasa Berkah.

Jasa Berkah adalah perusahaan yang melayani pengurusan izin usaha untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Jombang, Mojokerto, Malang, Kediri, & Pasuruan.

Harga yang ditawarkan Jasa Berkah ini cukup terjangkau apalagi untuk para pelaku usaha dengan skala kecil atau menengah.

Adapun biayanya untuk perusahaan skala kecil dan menengah dengan lama proses normal 8 sampai 10 hari adalah Rp 1.500.000.

Atau dengan lama proses kilat 3 sampai 5 hari dengan harga Rp 2.500.000.

Sementara untuk perusahaan skala besar, biaya pengurusan izin usaha dagang dengan lama proses normal 8 sampai 10 hari adalah Rp 2.500.000. Sedangkan jika lama prosesnya lebih cepat yakni 3 sampai 5 hari kerja harga Rp 4.000.000.

Jasa Berkah melayani pengurusan berbagai izin usaha, termasuk izin usaha dagang. Dengan pengalaman bertahun tahun melayani klien, Jasa Berkah akan memberikan pelayanan terbaik dengan waktu proses yang terbilang cepat.

Sehigga pelaku usaha akan segera memiliki surat izin usaha dagang untuk menjalani kegiatan usaha perdagangannya.

Alasan Memilih Jasa Berkah untuk Pengurusan Izin Usaha Dagang

Memiliki tujuan membantu para pelaku usaha dalam mengurus izin usahanya, Jasa Berkah memberikan pelayanan maksimal dengan fitur fitur terbaiknya.

Adapun alasan memilih Jasa Berkah untuk pengurusan izin usaha dagang adalah :

- Buka 8/6

Jasa Berkah siap melayani anda dengan jam operasional mulai dari jam 9 pagi sampai 5 sore pada hari Senin sampai Jumat.

Sementara di hari Sabtu buka mulai pukul 9 pagi sampai 1 siang. Anda bisa menghubungi Jasa Berkah pada jam operasional tersebut, dan langsung dilayani oleh customer service yang ramah dan kredibel dalam membantu urusan anda.

- Proses yang jelas

Jasa Berkah akan melayani anda dengan tim profesional sehingga tidak ada masalah di kemudian hari.

- Tepat waktu

Adapun waktu yang ditawarkan merupakan batas akhir dari proses pengurusan izin usaha anda.

- Kualitas tinggi

Anda tidak perlu meragukan Jasa Berkah mengenai kualitas dokumen serta pelayanan dari tim Jasa Berkah.

Dengan layanan yang terbaik, dan biaya pengurusan izin usaha dagang yang terjangkau, anda bisa mempercayakan Jasa Berkah dalam proses pembuatannya.