Pengurusan IMB atau Izin Mendirikan Bangunan perlu dilakukan saat anda ingin membangun suatu bangunan gedung yang fungsional. IMB ini adalah izin yang memberikan kepastian hukum untuk menjamin keandalan teknis bangunan baik dari segi keselamatan, kesehatan, kenyamanan, serta kemudahan.

Dalam teknisnya, izin mendirikan bangunan ini diberikan oleh Pemerintah Kabupaten/ Kota masing masing daerah kepada pemilik bangunan gedung untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, atau merawat bangunan sesuai dengan syarat administratif dan teknis yang berlaku.

Jasa Pengurusan IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

Banyak orang yang masih belum tahu cara mengurus IMB atau tidak ingin pusing melewati berbagai prosedur panjang hingga IMB diterbitkan oleh pemerintah setempat.

Oleh karena itu, banyak yang memilih menggunakan jasa pengurusan IMB yang dinilai lebih praktis dan hemat. Lagipula, kualitas dokumen yang akan didapat juga tidak berbeda karena sama sama diterbitkan oleh pemerintah.

Saat ini ada banyak biro jasa yang hadir untuk menawarkan kemudahan dalam pengurusan IMB, tapi salah satu di antaranya yang sudah terbukti kredibel dan profesional adalah Jasa Berkah.

Apalagi bagi anda pengusaha yang akan mendirikan bangunan perusahaan di wilayah Surabaya dan sekitarnya, tetap sekali untuk memanfaatkan layanan Jasa Berkah dalam pengurusan IMB.

Kebihan Menggunakan Jasa Pengurusan IMB

Pada dasarnya mengurus IMB sendiri maupun dengan bantuan biro jasa sama saja yakni akan mendapatkan dokumen yang dikeluarkan pemerintah. Hanya saja proses yang dilalui berbeda, dimana dengan bantuan biro jasa, anda tidak perlu mendatangi langsung kantor instansi terkait.

Terlebih lagi anda disibukkan dengan berbagai kegiatan perusahaan anda, maka memilih bantuan biro jasa dirasa lebih bijak. Dan berikut ini kelebihan menggunakan jasa pengurusan IMB :

1. Proses Cepat dan Praktis

Hal pertama yang akan anda rasakan apabila menggunakan biro jasa yang mengurus IMB anda adalah proses yang cepat dan praktis. Dikatakan demikian karena prosedur pengurusan IMB yang tentunya harus melewati beberapa tata cara membuat orang yang baru pertama kali mengurusnya merasa kebingungan.

Sebelum akhirnya IMB diterbitkan, anda harus lebih dulu mengurus berbagai dokumen lain sebagai pendukung surat izin mendirikan bangunan dikeluarkan oleh pemerintah.

Melalui bantuan biro jasa, anda hanya perlu menyiapkan dokumen dasar yang menjadi persyaratan membuat IMB. Kemudian pihak biro jasa yang akan mengurus semua kebutuhan dokumen anda. Hingga akhirnya IMB anda diterbitkan dan anda bisa membangun bangunan perusahaan dengan aman.

Selain itu, terkadang saat baru pertama kali mengurus dokumen penting ke instansi terkait ditambah kurangnya pengalaman untuk mengurusnya, kita justru membuang banyak waktu untuk hal ini dan itu. Berbeda apabila anda menyerahkan semuanya kepada biro jasa yang sudah berpengalaman, sehingga proses pembuatan IMB jadi lebih cepat karena pihak biro jasa sudah terbiasa dengan berbagai prosedurnya.

2. Harga Lebih Terjangkau

Tak dapat dipungkiri saat mengurus izin mendirikan bangunan kita diminta untuk membayar sejumlah uang selama proses pembuatannya, yang apabila dijumlahkan ternyata tidak sedikit. Jika dibandingkan dengan bantuan biro jasa justru dapat lebih menghemat budget.

Hal ini lantaran biasanya biro jasa sudah menyiapkan berbagai paket yang apabila dijumlahkan justru lebih terjangkau daripada mengurus IMB sendiri. Selain itu dengan mempercayakan biro jasa, anda tidak khawatir akan tertipu dengan oknum yang tidak bertanggung jawab.

Apabila anda memilih untuk melakukan pengurusan IMB dengan biro jasa yang menawarkan harga lebih terjangkau, maka budget anda dapat dialokasikan ke hal lain yang lebih anda butuhkan untuk pengembangan perusahaan anda.

3. Mengurangi Risiko Kegagalan

Mengurus IMB sendiri rentan mengalami kegagalan, baik itu dokumen yang ditolak karena tidak lengkap dan tidak sesuai, atau kendala kendala lainnya yang terjadi akibat minim pengalaman dalam mengurus dokumen penting.

Oleh karena itu cara mudah untuk tetap bisa mendapat IMB namun dengan risiko kegagalan yang nyaris tidak ada adalah dengan menggunakan layanan biro jasa pengurusan IMB.

Karena biro jasa profesional tentunya sudah memiliki pengalaman dalam mengurus IMB kliennya. Dengan pengalaman tersebut tentunya akan mengurangi risiko kegagalan dalam mendapatkan dokumen IMB.

Sebab pihak biro jasa telah mengetahui apa saja yang mendukung IMB dapat diterbitkan dan apa saja yang membuat pihak instansi terkait menolak pengajuan IMB dan lain sebagainya.

Manfaat Memiliki IMB (Izin Mendirikan Bangunan)

IMB merupakan salah satu dari berbagai surat izin usaha yang dibutuhkan saat anda hendak mendirikan perusahaan. Sama seperti memiliki surat izin usaha lainnya, berikut ini sederet manfaat memiliki IMB :

• Mendapat Perlindungan Hukum

Memiliki IMB maksudnya adalah untuk menciptakan tata letak bangunan yang aman dan sesuai dengan peruntukan lahan.

Adanya IMB ini artinya pemilik bangunan memperoleh perlindungan hukum yang maksimal dari pemerintah. Oleh sebab itu, bangunan yang berdiri tidak akan mengganggu atau merugikan kepentingan orang lain.

• Harga Jual Bangunan Meningkat

Suatu bangunan yang telah memiliki izin mendirikan bangunan secara otomatis akan memiliki nilai jual yang lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan tanpa surat IMB.

Sehingga apabila suatu hari anda ingin menjual bangunan yang telah dibangun tersebut, maka anda akan mendapat keuntungan berlipat.

Ditambah orang akan lebih cenderung memilih untuk membeli yang telah memiliki surat IMB dibandingkan yang belum memilikinya. Bukan hanya karena tidak perlu lagi mengurusnya, tapi juga pembeli tersebut akan memperoleh keuntungan lainnya.

• Menjadi Jaminan Agunan

Selain kedua manfaat di atas, IMB juga sangat berguna apabila anda mengajukan kredit dengan agunan ke bank. Apabila menjaminkan suatu bangunan, maka bangunan yang bisa dijaminkan hanya bangunan yang memiliki izin mendirikan bangunan.

Ini adalah salah satu di antara beberapa manfaat dari memiliki IMB, sehingga jangan pikir dua kali untuk melakukan pengurusan IMB. Karena ada banyak manfaat yang akan anda peroleh setelah memegang surat izin mendirikan bangunan ini.

• Proses Jual-Beli atau Sewa-Menyewa Lebih Mudah

Dengan adanya IMB sangat bermanfaat saat anda melakukan transaksi jual beli atau sewa menyewa bangunan. Karena bangunan yang tidak memiliki IMB akan dikenai denda 10 persen dari nilai bangunan tersebut.

Bahkan hal terburuknya bangunan dapat dirobohkan. Karena pentingnya memiliki surat izin mendirikan bangunan ini untuk transaksi tersebut, lagipula IMB juga menjadi syarat mutlak dalam proses sewa menyewa bangunan.

• Syarat Wajib Ubah HGB Menjadi SHM

Bangunan dengan status masih sebagai Hak Guna Bangunan (HGB), memililiki status hukum yang lebih rendah apabila dibandingkan dengan bangunan yang yang telah memiliki surat Sertifikat Hak Milik (SHM).

Itulah mengapa banyak orang yang berusaha keras untuk mengurus IMB supaya adanya legalitas tanah dan bangunan dari HGB menjadi SHM.

Karena IMB menjadi salah satu dokumen yang menjadi syarat pergantian HIB menjadi SHM tersebut. Tanpa adanya surat izin mendirikan bangunan tersebut, anda tidak bisa mengubah status hukum bangunan.

Pengurusan IMB Secara Mandiri

Mungkin sebagian di antara anda ingin tahu seperti apa prosedur yang harus dilalui untuk mengurus IMB secara mandiri. Berikut ini adalah tahapan tahapan yang harus anda lewati untuk mendapatkan IMB:

1. Menyiapkan Persyaratan Dokumen

Sebelum anda menjalankan tata cara untuk mengurus IMB, anda harus lebih dulu melengkapi beberapa dokumen yang menjadi persyaratannya. Adapun dokumen dokumen tersebut adalah sebagai berikut :
• Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP)
• Fotokopi SPPT
• Bukti pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) tahun berjalan
• Fotokopi surat kepemilikan tanah
• Surat kuasa (jika dibutuhkan)
• Surat pernyataan kepemilikan tanah

2. Mendatangi Kantor PTSP

Kemudian anda bisa langsung mendatangi kantor Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) apabila bangunan yang dimaksud berukuran di bawah 500 M2. Jangan lupa untuk membawa dokumen persyaratan, apabila dokumen sudah lengkap maka proses yang dilalui akan lebih cepat.

3. Pemeriksaan dan Evaluasi Dokumen

Setelah semua dokumen lengkap dan telah diajukan ke petugas berwenang, kemudian dokumen tersebut akan diperiksa dan dievaluasi oleh pemerintah daerah setempat. Proses ini biasanya memakan waktu selama 7 sampai 14 hari kerja.

4. Membayar Retribusi IMB

Proses penerbitan IMB ini membutuhkan sejumlah biaya yang telah ditentukan oleh pemerintah daerah setempat. Setelah anda mengajukan semua dokumen, kemudian anda diwajibkan membayar retribusi IMB di kantor pelayanan sesuai petunjuk yang diberikan.

5. Menyerahkan Bukti Pembayaran

Apabila anda telah melakukan pembayaran retribusi IMB sejumlah yang telah ditetapkan pemerintah daerah setempat, kemudian anda bisa menyerahkan bukti pembayaran tersebut ke pemerintah derah terkait.

6. Penerbitan IMB

Setelah semua proses di atas dilalui, kemudian pemerintah daerah akan mengeluarkan surat izin mendirikan bangunan atau IMB sekitar 7 hari sejak tanda bukti pembayaran diterima.

Apabila surat IMB sudah ada di tangan anda, maka anda dapat dengan aman dan nyaman melakukan pembangunan, renovasi, dan lain sebagainya pada bangunan tersebut.

Pengurusan IMB Secara Online

Berdasarkan sumber terpercaya, kini anda juga bisa melakukan pengurusan IMB secara online. Tetapi, sementara ini pengurusan IMB secara online hanya dapat dilakukan di wilayah Jakarta, Bogor, dan Bandung.

Apabila anda berada di wilayah yang telah disebutkan di atas, anda bisa mengakses website resmi kantor pelayanan setempat kemudian melakukan pengajuan penerbitan IMB melalui website tersebut.

Bagi anda yang berdomisili di Jakarta, bisa mengurus IMB melalui www.dcktrp.jakarta.go.id. Bagi anda yang di kota Bogor, dapat mengakses https://perizinan.kotabogor.go.id/. Sementara bagi yang berdomisili di Bandung, mengurus IMB dengan melalui https://dpmptsp.bandung.go.id/.

Adapun caranya adalah dengan menyiapkan dokumen yang telah di-scan terlebih dahulu. Kemudian baru mendaftar melalui situs website tersebut dengan langkah :
- Mendaftar melalui situs website, kemudian login dengan akun yang telah didaftarkan
- Memilih salah satu antara IMB rumah tinggal atau non-rumah tinggal, kemudian lampirkan gambar bangunan yang telah di-scan
- Mengunggah semua dokumen dan mengisi data yang diminta pada website tersebut
- Membayar retribusi melalui bank daerah
- Scan bukti pembayaran dan mengunggahnya ke situs website tersebut
- Menunggu hingga mendapat pemberitahuan melalui email

Meskipun pengurusan IMB secara online baru dapat dilakukan di tiga wilayah tersebut, yakni Jakarta, Bogor dan Bandung. Tetapi anda juga bisa mengurus IMB dengan mudah bahkan secara online juga dengan menghubungi Jasa Berkah.

Karena Jasa Berkah merupakan perusahaan yang memberikan layanan jasa pengurusan IMB Surabaya dan wilayah sekitarnya. Hubungi sekarang juga dan dapatkan IMB anda.