Pengurusan UD atau Usaha Dagang biasa dilakukan oleh para pengusaha saat mereka hendak mendirikan sebuah usaha di sektor perdagangan.

Namun, UD adalah usaha dengan skala yang lebih kecil dibandingkan perusahaan. Kegiatan usahanya meliputi jual beli barang dengan tujuan mendapat keuntungan.

Cara Pengurusan UD Surabaya

Kepemilikan UD adalah pribadi atau perorangan, modal atau usaha yang dilakukan dapat berbentuk benda, uang atau jasa asalkan memiliki nilai uang.

Pada dasarnya perizinan UD tidak tertulis secara resmi, tetapi peraturan UD menurut dari kebiasaan yang berlaku di wilayah setempat.

Meskipun tidak ada peraturan khusus yang mengaturnya secara resmi, biasanya surat izin usaha dagang memerlukan beberapa persyaratan yang dapat diperoleh dengan cara berikut ini :

1. Surat Izin Domisili Usah

Langkah awal untuk mendirikan UD atau Usaha Dagang adalah dengan membuat surat izin domisili usaha yang didapatkan dari kantor satlak PTSP kelurahan setempat.

Anda bisa membuat surat yang ditujukan ke pengurus RT atau RW untuk mendapat tanda tangan mengenai rencana pendirian UD.

Kemudian anda dapat membuat Surat Pernyataan Persetujuan dari lingkungan sekitar, karena usaha anda akan berada di antara orang orang tersebut.

Setidaknya surat pernyataan tersebut didapat dari tetangga sekitar kantor usaha, yang berada di bagian depan, belakang, kanan, dan kiri.

Langkah selanjutnya anda dapat membuat peta lokasi UD, setelah semua dilakukan anda akan mendapat surat rekomendasi dari keluarahan dan kecamatan.

2. Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)

Dokumen lain yang diperlukan saat anda ingin mendirikan UD adalah memiliki NPWP. Namun, sebelum anda mengajukan penerbitan NPWP, anda harus mengurus Surat Keterangan Terdaftar (SKT) terlebih dahulu.

SKT ini dapat diurus di Kantor Pelayanan Pajak setempat dan kemudian anda mendapat NPWP atas nama diri sendiri atau sesuai dengan nama pemilik usaha.

3. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

Karena anda akan mendirikan usaha di sektor perdagangan, maka baiknya untuk memiliki surat izin untuk berdagang atau yang biasa disebut SIUP.

Sebelum mengajukan penerbitan SIUP, ada beberpa dokumen yang harus dipersiapkan seperti :
• Fotokopi KTP pemilik perusahaan
• Fotokopi NPWP
• Surat keterangan domisili perusahaan
• Neraca perusahaan
• Pas foto pemilik perusahaan ukuran 4 x 6 (2 lembar)
• Surat izin lain yang terkait perusahaan

Jika dokumen di atas sudah lengkap maka dapat mengisi formulir pendaftaran yang didapat di kantor PTSP setempat. Formulir tersebut kemudian diisi dan ditandatangani di atas materai 6000.

Lalu digabung bersama dokumen lainnya di atas untuk diajukan ke kantor PTSP untuk diterbitkan SIUP. Anda juga perlu membayar tarif pembuatannya yang mana tarif di setiap wilayah berbeda beda sesuai dengan peraturan daerah setempat.

4. Tanda Daftar Perusahaan (TDP)

Setelah SIUP diterbitkan langkah selanjutnya adalah dengan melakukan pendaftaran Tanda Daftar Perusahaan (TDP). Peraturan ini telah tertuang pada perundang undangan No.3 Tahun 1982 mengenai Wajib Daftar Perusahaan.

Adapun persyaratan pembuatan TDP adalah membuat permohonan TDP, akte notaris, surat domisili perusahaan, SIUP, KK dan KTP direktur atau penanggung jawab perusahaan.

Demikian cara mengurus pendirian UD apabila dilakukan sendiri dengan mendatangi langsung kantor instansi terkait.

Anda juga bisa melakukan pengurusan UD lebih mudah dan praktis dengan menggunakan layanan Jasa Berkah. Prosedur yang dilakukan tetap sama, hanya saja tim profesional Jasa Berkah yang akan melakukan semuanya untuk anda.

<>h2>Tips Memilih Jasa Pengurusan UD

Banyak pelaku usaha yang memilih untuk mempercayakan biro jasa saat mereka ingin mendirikan perusahaan. Sebab banyak keuntungan yang akan didapat, tak hanya hemat waktu karena anda tidak perlu melewati prosedur birokrasi ke kantor instansi terkait.

Tetapi juga lebih mudah sebab anda hanya perlu mempersiapkan data data yang diperlukan, kemudian pihak biro jasa yang akan mengurus semuanya hingga surat izin yang anda butuhkan diterbitkan.

Supaya proses pengurusan UD anda berjalan lancar, baiknya pilih biro jasa yang kredibel dan profesional. Berikut ini beberapa tips yang bisa anda lakukan saat memilih jasa pengurusan UD

1. Cek Track Record

Langkah paling mudah yang bisa anda lakukan adalah melihat seperti apa sepak terjang biro jasa tersebut dalam menjalankan usaha jasanya. Anda dapat menilainya dari testimoni klien sebelumnya.

Cara ini terbilang lebih akurat karena testimoni klien adalah bukti nyata seperti apa proses dan hasil kerja dari biro jasa tersebut. Klien yang puas tentu akan memberikan penilaian yang baik.

Sementara klien yang kecewa juga demikian, mereka akan memberikan penilaian jujur sehingga kita dapat mempertimbangkan apakah ingin menggunakan jasa tersebut atau tidak.

2. Melihat Portofolio Perusahaan

Selain memperhatikan testimoni dari klien sebelumnya, anda juga dapat menilai kredibilitas suatu biro jasa dari portofolio yang telah dikerjakannya.

Biasanya biro jasa berpengalaman tentunya telah mengerjakan beberapa proyek sehingga tersedia portofolio yang dapat kita lihat, baik itu melalui website maupun dikirim secara pribadi.

Dari melihat portofolio perusahaan biro jasa, kita dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasanya, dan portofolio tersebut juga yang akan menjadi gambaran hasil kerja yang akan kita dapatkan jika menggunakan jasanya.

3. Memiliki Alamat yang Jelas

Biro jasa profesional tentunya memiliki alamat kantor yang jelas, dengan demikian apabila terjadi permasalahan anda dapat menyelesaikannya dengan mudah. Baik itu menghubunginya, ataupun langsung mendatangi kantornya.

Apabila anda tahu keberadaan alamat kantornya dengan jelas, anda juga dapat dengan mudah berkoordinasi dengan pihak biro jasa dalam proses pengurusan UD.

4. Akses Komunikasi Mudah

Biro jasa terpercaya dan profesional tentunya akan memberikan pelayanan yang terbaik untuk semua kliennya. Sehingga hal detail seperti cara berkomunikasi juga menjadi prioritas untuk diperhatikan.

Pastikan biro jasa yang akan gunakan memberikan akses komunikasi yang mudah, karena selama proses pengurusan UD anda dan pihak biro jasa harus berkomunikasi supaya semuanya berjalan dengan lancar.

Selain itu, carilah biro jasa yang menawarkan harga sesuai dengan kualitas pelayanan dan hasil kerja. Jangan sampai budget anda terbuang sia sia untuk kulitas kerja yang buruk.

Jika anda ragu dalam memilih biro jasa, anda bisa mempercayakannya kepada Jasa Berkah yang sudah terbukti memberikan pelayanan dan hasil kerja terjamin dengan kualitas tinggi.

Jasa Berkah juga telah melayani klien dari berbagai wilayah di Indonesia, sehingga sudah memiliki cukup banyak portofolio dan testimoni positif dari klien yang telah bekerjasama sebelumnya.

Apalagi Jasa Berkah memiliki beragam pilihan paket dan layanan pengurusan surat izin usaha, dimana salah satu jenis layanannya adalah pengurusan UD atau Usaha Dagang bagi pengusaha yang akan mendirikan perusahaan di sektor perdagangan.

Keuntungan Usaha Dagang (UD)

Bicara mengenai perusahaan di sektor perdagangan atau sebut UD, sudah tahukah anda apa keuntungan dari mendirikan UD? Adapun keuntungan dari mendirikan usaha dagang atau UD ini adalah fleksibilitas usaha atau barang yang diperjual belikan.

Selain itu, usaha dagang dapat menjual lebih dari satu jenis barang dalam jumlah besar atau yang biasa kita kenal grosir. Pengusaha yang memilih mendirikan UD juga dapat langsung menjadi pengecer yang menjual ke konsumen.

Keuntungan mendirikan UD di atas tak lain karena kelebihannya sebagai salah satu bentuk usaha yang banyak dipilih pelaku bisnis di Indonesia, adapun kelebihannya secara umum dapat kita lihat seperti di bawah ini :
• Modal yang dibutuhkan di awal usaha relatif kecil
• Karena bentuknya perorangan maka laba perusahaan menjadi milik sendiri
• Karena dimiliki sendiri maka keputusan mudah diambil
• Kerahasiaan perusahaan lebih terjamin karena tidak melibatkan banyak orang lain
• Perusahaan mudah dikelola dan menemukan kesalahan pengelolaan
• Pemilik perusahaan memiliki kebebasan untuk menjalankan kegiatan perusahaan.

Dengan keuntungan dari mendirikan UD tersebut, tak heran banyak pengusaha yang baru memulai usaha memilih untuk melegalkan perusahannya menjadi UD atau Usaha Dagang.

Penjelasan Terkait Pengurusan UD

Usaha dagang atau UD adalah bisnis yang banyak dipilih masyarakat Indonesia. Secara pengertiannya UD adalah suatu badan usaha yang dijalankan secara mandiri oleh satu orang dan tidak membutuhkan rekan kerja dalam mengelola usahanya.

Apabila ada rekan kerja yang membantu dalam pengelolaan perusahaan, maka ia tidak bisa memiliki kedudukan seperti pemilik UD dan tidak memiliki hak kepemilikan saham di UD tersebut.

Berdasarkan pandangan hukum, UD memiliki kesamaan dengan pemiliknya. Maksudnya tidak ada pemisahan antara harta perusahaan dengan dengan harta pemiliknya. Termasuk tidak ada pula pemisahan tanggung jawan antara UD dan pemiliknya.

Karena keduanya adalah satu kesatuan yang utuh. Sehingga segala perbuatan hukum yang dilakukan oleh UD merupakan perbuatan hukum pemiliknya juga.

Dapat kita pahami, apabila suatu ketika UD mengalami kebangkrutan maka artinya pemiliknya juga bangkrut karena sumber kuangan UD adalah berasal dari kekayaan pemiliknya.

Menurut tatanan hukum, UD merupakan badan usaha pemiliknya yng ingin melegalkan usaha menjadi suatu badan tertentu. Serta mengurus perizinan usahanya tersebut.

Sebenarnya, tidak ada perbedaan dengan mengajukan diri sendiri untuk menjadi pengusaha perseorangan dengan mengajukan pendirian UD, sebab UD tidak wajib dibuatkan dalam akta notaris.

Tetapi, dalam praktiknya banyak pihak instansi yang menginginkan dasar yang kuat dari sebuah perusahaan untuk akhirknya menerbitkan perizinan usaha.

Apabila anda ingin mendirikan UD pastikan anda telah mengetahui pengertian UD dan apa saja syarat untuk mendapatkan dokumen terkait menjalankan kegiatan usaha di sektor perdagangan.

Meskipun mendirikan UD tidak membutuhkan modal yang besar, tetapi anda perlu menyiapkan finansial yang cukup guna menjalankan kegiatan perusahaan untuk pengembangannya.

Modal yang cukup dan dokumen legalitas yang telah dimiliki akan membuat anda aman dan nyaman selama menjalankan kegiatan usaha dagang, terlebih lagi anda akan lebih mudah dalam meningkatkan kepercayaan konsumen.

Kesimpulan

Usaha dagang atau UD adalah suatu badan usaha yang dijalankan secara mandiri oleh satu orang dan tidak membutuhkan rekan kerja dalam mengelola usahanya. Tidak ada pemisah kekayaan maupun tanggung jawab antara UD dan pemiliknya.

Untuk mendirikan UD anda bisa melengkapi beberapa dokumen terkait yang dibutuhkan dengan cara mendatangi kantor pelayanan setempat. Tetapi anda juga bisa menggunakan layanan biro jasa pengurusan UD yang terbilang lebih mudah dan praktis serta menghemat waktu.