TDP (Tanda Daftar Perusahaan) adalah daftar pencatatan resmi yang diadakan berdasarkan ketentuan undang undang atau peraturan pelaksanaannya.

TDP Perusahaan memuat hal hal yang wajib didaftarkan oleh setiap badan usaha atau perusahaan serta disahkan oleh pejabat yang berwenang.

Hal Mengenai TDP Perusahaan

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) merupakan sebuah bukti bahwa sebuah badan usaha atau perusahaan telah melakukan kewajibannya untuk melakukan pendaftaran perusahaan dalam Daftar Perusahaan.

Dasar Hukum TDP Perusahaan

Peraturan mengenai kewajiban pelaku usaha atau pemilik perusahaan untuk mendaftarkan perusahaannya tertuang dalam Undang undang Nomor 3 Tahun 1982 Tentang Wajib Daftar Perusahaan, khususnya Pasal 5.

Menurut Pasal tersebut, “Setiap perusahaan wajib didaftarkan dalam Daftar Perusahaan”. Pendaftaran wajib dilakukan oleh pemilik atau pengurus perusahaan yang bersangkutan, atau dapat diwakilkan kepada orang lain dengan surat kuasa.

Pada dasarnya dilakukannya pendaftaran perusahaan ini memiliki tujuan untuk mencatat keterangan dari suatu perusahaan, serta merupakan sumber informasi resmi untuk pihak pihak yang berkepentingan.

Adapun yang dimaksud dengan keterangan perusahaan ini, meliputi identitas serta keterangan lainnya mengenai perusahaan yang bersangkutan.

Pentingnya daftar perusahaan ini untuk menjamin kepastian berusaha. Dimana setiap pihak yang berkepentingan, setelah memenuhi biaya administrasi untuk urusan TDP ini, berhak untuk memperoleh keterangan yang diperlukan dengan cara mendapatkan salinan atau petikan resmi dari keterangan tercantum dalam Daftar Perusahaan.

Petikan resmi tersebut dapat diperoleh dari kantor pendaftaran perusahaan.



Badan Usaha yang Wajib Daftar TDP Perusahaan

Adapun perusahaan yang memiliki kewajiban untuk melakukan pendaftaran perusahaannya adalah badan usaha yang berbentuk badan hukum, Persekutuan seperti Komanditer/ CV dan Firma, Perorangan, serta Koperasi.

Badan usaha yang disebutkan ad alah termasuk kantor cabang di dalamnya, kantor pembantu, serta anak perusahaan dan agen atau perwakilan.

Badan Usaha yang Tidak Wajib Daftar TDP Perusahaan

Di luar dari bentuk badan usaha yang telah disebutkan di atas, ada beberapa badan usaha yang tidak memiliki kewajiban untuk memiliki TDP perusahaan.

Hal ini berdasarkan dari keputusan Menteri Perdagagnan serta Keputusan Presiden, yang menetapkan bahwa segala usaha yang aktivitas operasionalnya tidak ada hubungannya dengan bidang perekonomian serta tidak memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan tidak diwajibkan untuk memiliki TDP.

Khusus pada perusahaan kecil perorangan yang dijalankan secara pribadi oleh seseorang, yang pekerjanya adalah anggota keluarga terdekat, tidak membutuhkan izin usaha, serta bukan merupakan suatu badan hukum atau suatu persekutuan dikecualikan dari wajib Daftar Perusahaan.

Adapun beberapa badan usaha yang dimaksud yang tidak dikenai kewajiban memiliki TDP Perusahaan adalah sebagai berikut :

1. Sekolah atau lembaga pendidikan formal lainnya yang tidak dikelola atau tidak berupa badan usaha, misalnya :
• Pendidikan Pra Sekolah.
• Pendidikan Sekolah Dasar.
• Pendidikan Sekolah Menengah Pertama.
• Pendidikan Sekolah Menengah Atas.
• Pendidikan Universitas.
• Pendidikan Politeknik, dan yang lainnya.

2. Lembaga pendidikan nonformal atau di luar sekolah dengan binaan pemerintah dan tidak dikelola atau dijalankan oleh suatu badan usaha, seperti:
• Kursus rumpun jasa.
• Kursus rumpun rumah tangga.

Syarat Pembuatan TDP Perusahaan

Karena memiliki TDP itu penting, dan bertujuan baik untuk perusahaan tersebut, maka bagi anda pelaku usaha yang belum memiliki TDP baikny segera melakukan pembuatan.

Ada beberapa persyaratan yang harus anda penuhi dan lengkapi untuk pembuatan TDP perusahaan ini, yakni sebagai berikut :
- Surat Akta Pendirian dan perubahan perusahaan beserta salinannya.
- Surat Keterangan Pengesahan dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia beserta salinannya.
- Salinan semua keterangan terkait perubahan perusahaan, termasuk di dalamnya perubahan modal, pengurus, serta kepemilikan sahamnya. Untuk antisipasi, bawa juga dokumen aslinya.
- Salinan surat Keterangan Domisili Perusahaan, dan bawa juga dokumen aslinya untuk ditunjukkan pada petugas.
- Salinan dan asli SIUP, SIUPAL, SIUJPT atau surat izin usaha lainnya.
- Salinan kartu identitas pengurus badan usaha. Jika pemilik adalah Warga Negara Asing, salinan paspor juga dibutuhkan.
- Salinan identitas para pemegang saham, NPWP, dan Surat Keterangan dari menteri Kehakiman apabila pihak pemegang saham adalah Koperasi, Yayasan, atau PT.
- Salinan izin persetujuan investasi dari BPKM untuk badan usaha PMA atau PMDN.
- Surat TDP asli jika ingin melakukan perubahan data atau pendaftaran ulang.

Prosedur Pembuatan TDP Perusahaan

Lengkapi semua dokumen yang diperlukan tersebut, dan untuk mengurusnya ikuti prosedur pembuatan TDP Perusahaan berikut ini :
1. Datang langsung ke kantor pelayanan setempat, anda akan mendapat formulir pembuatan TDP dari kantor pelayanan tersebut, kemudian isi dengan lengkap.
Jangan lupa juga untuk membawa semua dokumen persyaratan administrasi yang telah dijelaskan di atas saat datang ke kantor pelayanan.
2. Setelah mengisi formulir pembuatan TDP, anda harus membayar biaya administrasi sesuai dengan ketetapan Menteri Perdagangan Nomor 286/Kep/II/85. Besarnya biaya ini beragam berdasarkan lokasi pembuatan TDP dan lama waktu pembuatannya.
3. Semua dokumen yang anda bawa kemudian akan diperiksa oleh petugas, mengenai kelengkapan serta validitas data yang anda masukkan.

Apabila semua data yang anda cantumkan sudah benar dan lengkap, maka petugas akan menerbitkan TDP perusahaan anda.
4. Kemudian petugas akan memberitahu anda jika TDP telah selesai diproses dan siap untuk diambil.

Demikian prosedur pembuatan TDP perusahaan yang menjadi suatu kewajiban bagi badan usaha yang disebutkan dalam aturan pemerintah untuk memiliki TDP perusahaan.

Saat hendak membuat TDP Perusahaan, ada keterangan keterangan yang harus anda siapkan terlebih dahulu menyangkut perusahaan yang anda jalankan, yakni sebagai berikut :
• Nama dan merek perusahaan
• Tanggal dan durasi/ jangka waktu berdirinya perusahaan
• Kegiatan pokok dan penunjang perusahaan serta perizinannya
• Data lengkap jajaran Direksi dan Dewan Komisaris di perusahaan
• Kegiatan usaha lain yang dipegang anggota Direksi dan Dewan Komisaris
• Nominal modal yang diterima dan disetor
• Tanggal kegiatan usaha dan pengajuan pendaftaran serta nomor pengesahan badan hukum
• Data lengkap para pemegang saham.

Jika semua keterangan terkait perusahaan anda di atas telah disiapkan, maka proses pembuatan TDP akan lebih cepat dan mudah.

Pastikan anda mengurusnya sendiri ke kantor pelayanan setempat, tetapi apabila anda tidak dapat mengurusnya, anda bisa mendelegasikan kepada orang terpercaya anda dengan menyertakan surat kuasa.

Banyak dari pelaku usaha atau pemilik perusahaan yang tidak bisa mengurusnya sendiri, ia lebih memilih mengunakan jasa perusahaan yang menyediakan layanan pengurusan izin usaha.

Tidak ada bedanya dengan mengurus sendiri, kualitas dokumen juga dapat anda peroleh melalui layanan jasa pengurusan perizinan ini.

Banyak sekali saat ini perusahaan yang menyediakan layanan pengurusan perizinan, yang juga bisa anda temukan melalui internet.

Tetapi pastikan anda memilih penyedia jasa yang profesional dan memiliki kredibilitas tinggi. Jangan tergiur dengan harga murah, yang terpenting adalah kualitas dan validitas dari dokumen yang anda butuhkan.

Tips Memilih Jasa Pembuatan TDP Perusahaan

Mengurus pembuatan TDP Perusahaan dengan prosedur yang ada tentu membutuhkan waktu dan tenaga. Oleh karena itu banyak pelaku usaha yang memilih memanfaatkan jasa pelayanan pengurusan izin usaha.

Semakin berkembangnya zaman di era digital saat ini, banyak perusahaan pengurusan perizinan yang memberikan layanan terbaiknya bagi para pelaku usaha untuk mengurus izin usaha.

Tetapi alangkah bijaknya jika anda hanya memilih jasa pengurusan izin usaha yang profesional dan memiliki kredibilitas tinggi.

Apapun izin usaha yang anda butuhkan, termasuk pembuatan TDP Perusahaan. Dan berikut ini adalah tips memilih jasa pembuatan TDP Perusahaan yang profesional :

1. Cek track record perusahaan

Cara yang paling mudah yang bisa anda lakukan untuk mengetahui apakah penyedia jasa tersebut profesional atau tidak adalah dengan melihat track record perusahaannya.

Mengecek track record perusahaan ini adalah dengan melihat portofolio yang perusahaan tersebut punya.

Lihat hasil kerjanya dari pelanggan sebelumnya. Dengan demikian anda bisa menilai apakah perusahaan tersebut cukup kredibel untuk anda gunakan jasanya dalam proses pembuatan TDP perusahaan.

Dengan melihat portofolio dari perusahaan tersebut anda bisa menilai baik dan buruknya terhadap penanganannya pada klien.

Pengalaman yang mumpuni cukup mempengaruhi dari kualitas hasil kerja perusahaan pengurusan izin usaha. Jika telah berpengalaman, maka akan memungkinkan prosesnya berjalan dengan baik dan bahkan akan lebih cepat.

Perusahaan pengurusan izin usaha yang profesional juga tentunya selalu update mengenai mekanisme serta prosedur cara pengurusan terbaru.

2. Pilih yang memiliki kantor yang jelas

Perusahaan pengurusan izin usaha yang profesional dan berpengalaman tentu memiliki kantor yang jelas.

Dengan adanya kantor yang jelas ini akan menjadi pertimbangan sendiri bagi anda untuk menggunakan jasanya.

Selain itu, kedudukan kantor yang jelas ini juga akan memudahkan anda sebagai klien untuk datang ke kantornya.

Apalagi jika memang terjadi kendala saat proses pengurusan izin usaha maka akan lebih mudah untuk urusan klaim.

3. Perhatikan harga yang ditawarkan

Jangan mudah tergiur dengan harga murah, pastikan kualitas dokumen dan proses pembuatannya yang masuk akal.

Pilihlah perusahaan yang menawarkan harga terbaik, pastikan juga sesuai dengan standar harga dari perusahaan perusahaan sejenis di kota tersebut.

Jangan terlalu mahal ataupun terlalu murah, jika harga yang ditawarkan terlalu murah, bisa jadi pelayanan yang diberikan tidak memuaskan.

Tetapi jika perusahaan tersebut manawarkan harga yang terlalu mahal, tentunya akan merugikan anda.

Perusahaan pengurusan izin usaha yang profesional tentunya juga memiliki tim profesional yang akan mengurus izin usaha anda dengan prosedur yang tepat dan dalam jangka waktu yang tidak lama.

Penyedia jasa pembuatan TDP perusahaan yang profesional dan kredibel dapat anda perhatikan apabila perusahaan tersebut memiliki akses komunikasi yang mudah, seperti memiliki website resmi.

Dimana pada website tersebut mencangkup berbagai informasi seputar perusahaan, layanan yang ditawarkan, biaya jasa, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan perusahaan tersebut.

Pada website tersebut juga terdapat kontak yang bisa dihubungi untuk memesan, atau konsultasi mengenai layanan yang ada.

Penyedia jasa yang profesional juga akan memberikan tenggat waktu yang jelas kepada klien. Tidak terlalu lama dan tidak terlalu singkat hingga tak masuk akal.

Selain itu mereka juga memiliki jam operasional yang jelas untuk layanan, dan respon cepat ketika ada klien yang berkonsultasi mengenai layanan yang ditawarkan.

Membuat TDP Perusahaan bersama Jasa Berkah

Pastikan anda hanya memilih perusahaan penyedia pengurusan izin usaha yang jelas dan profesional dengan pengalaman yang dibuktikan dengan portofolio dari hasil kerja dengan pelanggan sebelumnya.

Seperti salah satunya perusahaan pengurusan izin usaha di Jawa Timur yakni Jasa Berkah yang telah bertahun tahun mengurus segala macam bentuk izin usaha baik dari perusahaan skala kecil, menengah maupun perusahaan besar sekalipun.



Jasa Berkah memberikan layanan pengurusan izin usaha untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Jombang, Mojokerto, Malang, Kediri, & Pasuruan.

Dengan pelayanan terbaik dan pengalaman yang mumpuni, Jasa Berkah menawarkan layanan pengurusan izin usaha dengan harga yang terjangkau baik bagi bisnis menengah maupun UMKM sekalipun.

Berbagai layanan Jasa Berkah dan Biaya Pembuatan

Jasa Berkah memberikan layanan pengurusan berbagai macam izin usaha, seperti pendirian UD, CV, PT, PIRT, Sertifikat MUI, SIPA, IUJK, Izin restoran, NPWP, SIUP, dan termasuk TDP Perusahaan.

Sementara mengenai biaya yang harus dikeluarkan untuk pengurusan berbagai macam izin usaha ini beragam.

Yakni mulai dari Rp 250 ribu hingga puluhan juta bergantung dari jenis izin usaha yang anda butuhkan.

Keunggulan Jasa Berkah Mengurus TDP Perusahaan

Jasa Berkah memiliki keunggulannya sendiri sebagai perusahaan yang memberikan layanan pengurusan perizinan usaha, yakni sebagai berikut :

- Jam operasional Jasa Berkah

Demi memberikan pelayanan terbaik, Jasa Berkah membuka pelayanan pada jam operasional mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore pada hari kerja.

Sementara di akhir pekan Jasa Berkah buka mulai pukul 9 pagi hingga 1 siang.

Pada jam operasional tersebut, anda bisa berkonsultasi langsung kepada customer service Jasa Berkah, mengenai layanan dan hal lainnya yang berkaitan dengan perizinan usaha.

- Proses pembuatan izin usaha yang jelas

Jasa Berkah akan mengurus surat izin usaha anda dengan profesional, sehingga tidak ada masalah yang akan terjadi di kemudian hari.

- Tepat waktu

Kebutuhan anda akan surat izin usaha adalah penting, sehingga Jasa Berkah menawarkan tenggat waktu yang merupakan batas akhir dari proses pengurusan perizinan usaha anda.

Sehingga tanpa butuh waktu lama, anda akan segera memiliki izin usaha yang legal dan tercatat pada daftar di pemerintahan.

- Kualitas tinggi

Jasa Berkah menawarkan kualitas dokumen yang baik, serta pelayanan yang tidak perlu anda ragukan lagi.

Dengan pengalaman bertahun tahun mengurus izin usaha berbagai perusahaan berskala kecil, menengah, dan besar, Jasa Berkah memberikan yang terbaik untuk anda.

Membuka usaha kini menjadi pilihan banyak masyarakat Indonesia, baik itu yang bergerak di bidang penjualan barang maupun penyedia layanan jasa.

Mendirikan perusahaan juga menjadi salah satu cara untuk mengembangkan usaha, dimana perusahaan dan merek yang telah dikenal khalayak luas menjadi pertimbangan calon konsumen membeli produk atau jasa perusahaan tersebut.

Sehingga ada baiknya selain menambah modal usaha, para pelaku usaha juga mendirikan perusahaan dengan prosedur yang benar sesuai dengan aturan pemerintah yang berlaku.

Setelah mendirikan perusahaan, memiliki bangunan kantor sendiri atau menyewanya, juga diperlukan untuk membuat tanda daftar perusahaan atau TDP perusahaan yang akan berguna bagi perusahaan itu sendiri dan pemilik perusahaan tersebut.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa TDP perusahaan memiliki fungsi dan tujuan baik bagi perusahaan dan bagi pemerintah Indonesia. Sehingga, menjadi hal yang perlu diperhatikan oleh pelaku usaha untuk membuat TDP Perusahaan.