SIUP adalah singkatan dari Surat Izin Usaha Perdagangan yang merupakan salah satu jenis surat izin yang harus dimiliki pelaku usaha di bidang perdagangan. Contoh SIUP kecil adalah diperuntukkan perusahaan atau badan usaha dengan skala kecil.

Ada pula beberapa contoh SIUP lainnya yang dikhususkan untuk perusahaan ataupun badan usaha sesuai dengan jumlah modal serta kekayaan yang dimilikinya. Selengkapnya mengenai SIUP dapat kita simak di bawah ini :

Contoh SIUP Kecil

Setiap perusahaan atau badan usaha yang bergerak di bidang perdagangan, serta melakukan kegiatan usaha perdagangan meliputi transaksi barang atau jasa, misalnya sewa menyewa barang, jual beli barang, ataupun sewa beli yang dilakukan secara terus menerus demi mengalihkan hak atas barang atau jasa disertai imbalan atau kompensasi maka wajib untuk memiliki SIUP.

SIUP atau surat izin usaha perdagangan ini adalah dokumen yang digunakan sebagai tanda bukti bahwa perusahaan atau badan usaha dapat melaksanakan kegaitan usaha perdagangan.

Setidaknya ada beberapa bentuk SIUP yang ada dan dibedakan berdasarkan modal serta kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan atau badan usaha. Yakni :

1. SIUP Mikro

SIUP Mikro adalah surat izin usaha perdagangan yang diperuntukkan perusahaan atau badan usaha yang memiliki modal serta kekayaan bersih di bawah Rp 50 juta, di luar dari lahan serta bangunan tempat usaha.

2. SIUP Kecil

SIUP Kecil adalah surat izin usaha perdagangan yang diberikan kepada perusahaan yang memiliki modal serta kekayaan bersih sekitar Rp 50 juta sampai Rp 500 juta, di luar tanah dan bangunan tempat usaha

3. SIUP Menengah

SIUP Menengah adalah surat izin usaha perdagangan yang diberikan kepada perusahaan atau badan usaha yang memiliki modal serta kekayaan bersih sekitar Rp 500 juta sampai Rp 10 milyar, tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.



4. SIUP Besar

SIUP Besar adalah surat izin usaha perdagangan yang diberikan untuk perusahaan atau badan usaha yang memiliki modal serta kekayaan bersih di atas Rp 10 milyar, tidak termasuk lahan dan bangunan tempat usaha.

Mengulas lebih detail mengenai SIUP kecil, yang merupakan salah satu jenis SIUP. Surat izin usaha perdagangan ini diberikan kepada perusahaan yang memiliki modal serta kekayaan bersih sekitar Rp 50 juta sampai Rp 500 juta tidak termasuk lahan atau tanah serta bangunan tempat usaha.

Dari penjelasan di atas dapat kita pahami bahwa SIUP kecil diperuntukkan perusahaan dengan skala kecil. Menurut para ahli seperti M. Tohir, yang dimaksud dengan perusahaan kecil adalah kegiatan usaha ekonomi berskala kecil, yang memenuhi kekayaan bersih atau hasil penjualan tahunan, dan memiliki hak kepemilikan sebagaimana diatur dalam undang undang.

Adapun contoh SIUP kecil adalah dokumen yang berisikan keterangan terkait sebuah perusahaa yang bergerak di bidang perdagangan.

Keterangan tersebut meliputi identitas perusahaan, berupa nama perusahaan, alamat perusahaan, serta identitas pemilik atau penanggung jawab perusahaan.

Kemudian dalam dokumen tersebut juga dijelaskan mengenai kegunaan dari surat izin usaha perdagangan tersebut, dan ditanda tangani oleh pejabat yang berwenang.

Untuk bisa mendapatkan SIUP kecil, perusahaan yang tergolong dalam kategori perusahaan kecil dengan jumlah modal serta kekayaan yang telah disebutkan di atas, harus melengkapi beberapa dokumen penting yang menjadi syarat administrasi untuk bisa memperoleh surat izin usaha perdagangan.

SIUP Kecil Perorangan baru:

Adapun syarat administrasi yang harus disiapkan sebelum mengajukan pembuatan SIUP untuk perusahaan yang tergolong mendapatkan SIUP kecil, adalah sebagai berikut :
1. Surat pernyataan kedudukan usaha atau badan usaha
2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) pemohon, serta fotokopi KTP penerima kuasa (apabila proses pembautan SIUP kecil dilakukan oleh orang lain yang bukan merupakan pemilik atau penanggung jawab perusahaan)
3. Fotokopi NPWP pemohon
4. Mengisi formulir permohonan yang dimaterai Rp 6000, serta dilengkapi dengan surat kuasa pengurusan (apabila permohonan pembuatan SIUP dilakukan bukan oleh pemilik atau penanggung jawab perusahaan)
5. Surat pernyataan bahwa belum memiliki SIUP, buka mini market, serta hanya diperuntukkan bagi kantor.

Setelah semua persyaratan di atas lengkap, maka pemohon dapat melanjutkan ke tahapan pembuatan SIUP, dengan langkah langkah sebagai berikut :
1. Pemohon baik itu orang yang diberi kuasa, maupun langsung pemilik atau penanggung jawab perusahaan, dapat memasukkan berkas yang telah dilengkapi sebelumnya ke Kantor Pelayanan, kemudian akan dilakukan pengecekan awal terkait kelengkapan persyaratan berkas oleh petugas Kantor Pelayanan.
2. Kemudian petugas meneripa berkas tersebut, meneliti permohonan, dan memutuskan apakah permohonan tersebut dapat diproses atau perlu diperbaiki terlebih dahulu sebelum dilanjutkan. Petugas akan memberikan status proses pada dokumen permohonan yang diterima.
3. Petugas yang berwenang kemudian akan menerima surat dokumen permohonan kemudian melakukan verifikasi draft dokumen tersebut, dan merekomendasikan proses kepada kepala.
4. Dilakukan pemeriksaan draft dokumen SIUP Kecil tersebut, kemudian memutuskan menandatangani dokumen izin jika permohonan telah sesuai, atau jika dokumen permohonan perlu diperbaiki atau direvisi atau bahkan menolaknya, maka perlu adanya tindak lanjut terkait hal tersebut yang harus dilakukan pemohon.
5. Tahapan dilanjutkan dengan mengecek penomoran dokumen izin, mencetaknya, dan memproses penandatanganan, serta memberikan stempel, dan diarsipkan. Dokumen SIUP yang telah selesai diproses tersebut, kemudian ditandai dengan status proses bahwa telah selesai dan dapat diambil sesuai dengan jadwal pengambilan yang telah dimohon.
6. Pada tahapan terakhir, pemohon SIUP kecil dapat mengambil dokumennya di kantor pelayanan terkait, dan perlu adanya verifikasi dokumen pendukung atau persyaratan. Apabila dokumen pendukung tidak sesuai atau tidak memenuhi syarat, maka izin usaha tidak dapat diberikan kepada pemohon.

Seperti itulah proses pembuatan SIUP kecil yang diperuntukkan untuk perusahaan kecil dengan modal dan total kekayaan yang telah ditentukan oleh undang undang.

SIUP kecil yang telah dimiliki harus dijaga dengan baik dan dipergunakan sesuai fungsinya. Surat izin usaha perdagangan berlaku selama perusahaan masih menjalankan kegiatan usahanya, serta perlu adanya pendaftaran ulang setiap lima tahun sekali.

Pendaftaran ulang tersebut dapat dilakukan di tempat penerbitan SIUP, yakni di kantor pelayanan tempat mengajukan permohonan pembuatan SIUP Kecil.

Surat izin usaha perdagangan wajib dimiliki oleh setiap perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan usaha perdagangan.

Seperti badan usaha yang berbentuk PT, CV, Koperasi, Firma, dan lain sebagainya. Jika kegiatan usaha yang mereka lakukan erat kaitannya dengan perdagangan, maka wajib untuk memiliki surat izin usaha perdagangan.

Pengecualian SIUP Kecil

Tetapi ada beberapa pengecualian bagi perusahaan atau badan usaha yang dibolehkan untuk tidak mengurus atau memiliki surat izin usaha perdagangan ini.

Yakni perusahaan perdagangan mikro yang tidak memiliki kewajiban untuk memiliki SIUP dengan ketentuan :
- Usaha tersebut merupakan usaha perseorangan atau persekutuan
- Kegiatan usaha yang dilakukan diurus, dijalankan, dan juga dikelola oleh pemiliknya sendiri yang merupakan dirinya atau anggota keluarga/ atau orang terdekat.
- Perusahaan perdagangan mikro tersebut memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp 50 juta dan tidak termasuk tanah serta bangunan tempat usaha.

Perusahaan dengan ketentuan di atas diperbolehkan untuk tidak memiliki surat izin usaha perdagangan sebagaimana yang telah tertuang dalam perundang undangan.

Surat izin usaha perdagangan sangat berguna untuk perusahaan yang memilikinya serta untuk keberlangsungan perusahaan tersebut. Sehingga jika anda pemilik usaha dan perusahaan yang anda jalankan belum memiliki surat izin ini, maka sebaiknya segera untuk mengurus pendaftarannya.

Manfaat Memiliki SIUP Kecil

Bagi perusahaan yang masuk dalam golongan penerima SIUP kecil, perusahaan akan mendapat banyak manfaat dari memiliki surat izin usaha perdagangan ini, di antaranya :

1. Mendapat Perlindungan Hukum

Bagi perusahaan yang memiliki surat izin usaha perdagangan ia akan mendapatkan perlindungan hukum, adapun perlindungan hukum yang didapat tersebut memiliki tujuan supaya perusahaan terbebas dari penerbitan liar.

Apabila suatu hari terjadi sengkea, maka surat izin usaha perdagangan yang dimiliki dapat dijadikan sebagai pegangan legalitas perusahaan. Perusahaan tanpa memiliki surat izin usaha perdagangan ini akan kesulitan dalam membela perusahaannya jika terjadi suatu masalah.

Sehingga baiknya anda sangat memperhatikan pentingnya memiliki surat izin usaha ini, tanpa memiliki SIUP segala kegiatan usaha perdagangan anda tidak dapat dijalankan sebagaimana seharusnya, sebab termasuk dalam kegiatan usaha yang tidak resmi.

2. Mudah Menambah Modal

Dalam menjalankan sebuah perusahaan apalagi di bidang perdagangan perlu adanya modal yang cukup. Jika perusahaan berjalan dengan lancar dan dapat menjangkau pasar lebih luas lagi, maka itulah kesempatan untuk bisa mengembangkan perusahaan menjadi lebih besar.

Untuk bisa mengembangkan perusahaan jadi lebih besar, tentu membutuhkan modal tambahan guna menjalankan perusahaan dengan baik. Modal tersebut bisa didapat dengan meminjam kepada lembaga keuangan seperti bank.

Untuk bisa mengajukan pinjaman modal ke lembaga keuangan seperti bank, perusahaan terkait haruslah memiliki dokumen lengkap yang termasuk dalam persyaratan peminjaman modal. Salah satunya adalah dengan memiliki surat izin usaha perdagangan.

Lembaga keuangan seperti bank menjadikan surat izin usaha perdagangan sebagai syarat yang harus dipenuhi perusahaan yang ingin meminjam modal usaha. Jika anda tidak memiliki surat izin usaha perdagangan, tentunya anda tidak dapat mengajukan peminjaman modal usaha ini.

Oleh sebab itu, baiknya anda mengurus pendaftaran surat izin usaha perdagangan supaya perusahaan yang anda jalankan dapat berkembang lebih besar lagi dan menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

3. Menjangkau Pasar Internasional

Tak sedikit perusahaan yang bergerak di sektor perdagangan yang awal mulanya hanyalah perusahaan berskala kecil, lama kelamaan berhasil menjadi perusahaan skala besar melalui kegiatan perdagangan bertaraf internasional.

Hal tersebut sangat mungkin dilakukan dengan kegiatan ekspor - impor. kegiatan ekspor dan impor ini juga dapat anda lakukan dengan lebih meningkatkan kualitas produk atau jasa serta kualitas perusahaan anda itu sendiri.

Perlu diketahui, untuk bisa melakukan kegiatan ekspor dan impor, perusahaan yang anda jalani harus telah memenuhi berbagai syarat dan ketentuan. Salah satunya anda harus memiliki surat izin usaha perdagangan.

Tanpa adanya surat izin usaha perdagangan ini anda akan kesulitan dalam proses kegiatan ekspor dan impor. Maka sebaiknya persiapkan semua persyaratan termasuk memiliki surat izin usaha perdagangan.

4. Peluang Mendapat Proyek Besar

Setiap perusahaan di sektor perdaganan memiliki kesempatan untuk bisa mendapat proyek besar. Salah satunya yang didapat dari menang lelang.

Tetapi tidak semua perusahaan bisa turut serta dalam proses lelang. Sebab ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh sebuah perusahaan yang ingin ikut proses lelang tersebut.

Salah satu syaratnya adalah perusahaan harus memiliki surat izin usaha perdagangan. Tanpa adanya surat izin usaha perusahaan tidak dapat melanjutkan proses lelang yang berlangsung.



Biasanya lelang yang diselenggarakan pemerintah yang mengharuskan perusahaan untuk melengkapi syarat berupa surat izin usaha perdagangan.

5. Meningkatkan Kredibilitas Perusahaan

Perusahaan yang baik bukan hanya yang memiliki kualitas produk atau jasa, tapi juga memiliki citra yang baik di mata konsumen. Perusahaan tersebut harus lah profesional serta memiliki kredibilitas yang tinggi.

Agar perusahaan memiliki kredibilitas yang tinggi, salah satu yang bisa dilakukan selain promosi dan melakukan branding, adalah dengan melengkapi kewajiban perusahaan terhadap legalitas di mata hukum. Seperti melakukan pendaftaran surat izin usaha perdagangan.

Dengan memiliki dokumen penting terkait keabsahan sebuah perusahaan, maka akan dapat meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap perusahaan anda.

Konsumen cenderung akan menggunakan produk atau jasa dari perusahaan yang memang memiliki kredibilitas tinggi. Jika anda ingin meningkatkan trafik penjualan, salah satu yang bisa anda lakukan adalah dengan memiliki surat izin usaha perdagangan.

Seperti itulah beberapa manfaat yang anda dapatkan dengan memiliki surat izin usaha perdagangan. Selain itu surat izin usaha ini juga akan berguna sebagai pendataan jumlah pelaku usaha. Serta sebagai syarat administrasi untuk pelaporan pajak yang biasa dilakukan setiap satu tahun sekali.

Perlu diketahui, surat izin usaha perdagangan memuat keterangan jenis usaha yang dijalankan. Ada saja pelaku usaha yang masih belum memahami terkait batasan jenis usaha yang tercantum di dalam surat izin usaha ini.

Perlu diketahui bahwa berdasarkan peraturan yang tertuang dalam peraturan menteri perdagangan dijelaskan bahwa surat izin usaha perdagangan tidak bisa digunakan untuk melakukan kegiatan usaha yang tidak sesuai dengan yang tertulis di dalam surat izin usaha perdagangan tersebut.

Oleh karena itu apabila anda menjalankan dua jenis usaha perdagangan sekaligus, anda harus memiliki dua surat izin usaha perdagangan. Dimana masing – masing surat izin usaha perdagangan akan memuat penjelasan terkait jenis usaha yang dijalankan.

Proses pendaftaran surat izin usaha perdagangan dapat anda lakukan dengan langsung mengunjungi kantor pelayanan setempat. Namun, ada cara lain untuk bisa dengan mudah mendapatkan surat izin usaha perdagangan atau SIUP ini. Yakni dengan menggunakan layanan Jasa Berkah.

Membuat SIUP Kecil Bersama Jasa Berkah

Jasa Berkah sebagai perusahaan yang menyediakan layanan pengurusan izin usaha akan membantu anda dalam pembuatan SIUP, termasuk SIUP Kecil. Khususnya bagi perusahaan yang berdomisili di wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Pembuatan SIUP Kecil bersama Jasa Berkah dapat dilakukan dengan proses cepat dan kualitas terbaik. SIUP Kecil anda akan diproses dengan profesional dan dalam waktu yang telah ditentukan atas kesepatakan bersama klien.

Kini memiliki SIUP Kecil dapat dilakukan dengan mudah tanpa harus datang langsung ke kantor pelayanan terkait, anda hanya perlu menghubungi Jasa Berkah dan berkonsultasi lebih lanjut lagi untuk keberlangsungan proses pembuatan SIUP Kecil anda, termasuk mengetahui contoh SIUP Kecil yang diperuntukkan perusahaan dengan ketentuan yang berlaku.