Jasa Pengurusan NIB Malang - Ketika hendak melakukan kegiatan usaha dalam sebuah perusahaan kita perlu untuk memiliki berbagai surat izin usaha.

Baik itu izin usaha perdagangan atau SIUP, Tanda Daftar Perusahaan (TDP), dan lainnya sebagai kepatuhan pada aturan negara, dan menghindari berbagai permasalahan legalitas.

Agar bisa lebih mudah dalam mengurus berbagai izin usaha, anda membutuhkan Nomor Induk Berusaha (NIB). NIB ini nantinya yang akan menggantikan berbagai perizinan lainnya seperti SIUP, TDP, dan lain-lain.

Langkah Pengurusan NIB

Banyak orang yang malas mengurus berbagai perizinan usaha lantaran merasa pengurusan izin usaha berbelit-belit dan lama.

Oleh karena itu, adanya NIB ini mempermudah para pelaku usaha untuk bisa memiliki perizinan usaha yang sah. Dengan proses yang lebih cepat, sehingga diharap semua pelaku usaha patuh pada aturan pemerintah.

Aturan terkait NIB ini tertuang dalam peraturan Presiden nomor 91 Tahun 2017 mengenai Percepatan Pelaksanaan Berusaha.

Peraturan ini membuat pelaku usaha dan investor untuk bisa mengurus perizinan lebih mudah dan cepat. Pelaku usaha akan mendapat NIB yang fungsinya untuk mengurus perizinan usaha tanpa harus membawa berkas-berkas persyaratan yang begitu banyak.

Sehingga pelaku usaha hanya perlu membawa berkas-berkas yang diperlukan saja. Hal ini tentunya berbeda sebelum adanya peraturan presiden terkait NIB.

Adapun langkah-langkah untuk bisa mendapatkan NIB ini adalah sebagai berikut:

1. Mengurus Pendirian Badan Usaha

Langkah pertama yang harus dilakukan para pelaku usaha untuk bisa mendapatkan NIB adalah dengan mengurus pendirian badan usaha.

Ada banyak jenis badan usaha yang berlaku di Indonesia ini, seperti Perseroan Terbatas (PT), Comanditaire Vennotschap (CV), Firma, dan jenis badan usaha lainnya.

Dalam proses pendirian badan usaha ini, yang diperlukan adalah akta pendirian perusahaan. Biasanya akta pendirian perusahaan bisa diurus di kantor notaris.

2. Mengakses Sistem Online Single Submission (OSS)

Cara untuk bisa mendapatkan NIB adalah melalui sistem online yang disebut OSS. Melalui sistem OSS ini pelaku usaha bisa mengurus berbagai perizinan usaha dalam satu portal saja.

Sistem OSS nantinya akan memberikan NIB dan permohonan komitmen kepada pelaku usaha untuk menyelesaikan perizinan selanjutnya. Dimana Satuan Tugas Percepatan Berusaha juga akan memantau sistem OSS ini supaya bisa mengetahui apa kendala yang menghambat proses pengurusan NIB oleh pelaku usaha.

3. Registrasi dengan Sistem OSS

Kemudian anda bisa mendapatkan pengesahan akta pendirian perusahaan dari notaris dan melakukan registrasi pada sistem OSS tersebut.

Anda bisa membuka website OSS dengan memasukkan NIK atau kartu identitas lainnya untuk mendapatkan user ID.

Jika sudah mendaftar pada website tersebut, kemudian anda bisa memilih nomor akta, dan melengkapi data perusahaan lainnya untuk bisa memperoleh nomor izin berusaha serta perizinan dasar.

Anda perlu menyiapkan data untuk diinput berupa data badan usaha perusahaan, pemegang saham, data nilai investigasi, serta rencana penggunaan tenaga kerja asing, dan BPJS ketenagakerjaan dan kesehatan.

4. Mendapatkan Notifikasi Intensif

Setelah itu anda akan mendapat notifikasi intensif fiskal apabila kegiatan usaha yang akan anda jalani masuk dalam kategori sesuai dengan ketentuan peraturan perundang undangan yang berlaku.

5. Melakukan Kegiatan Usaha

Jika beberapa langkah di atas telah selesai, artinya anda telah mendapatkan Nomor Induk Berusaha atau NIB, perizinan dasar, serta notifikasi perizinan dan fasilitas.

Sehingga, anda bisa melakukan kegiatan usaha dengan aman dan legal. Anda juga berkewajiban untuk memenuhi semua komitmen yang telah disebutkan dalam notifikasi perizinan dan fasilitas.

Nomor induk berusaha ini nantinya akan berfungsi sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Importir (API), dan Akses Kepabeanan.

Pemerintah dalam hal ini juga menyiapkan payung hukum dari program nomor izin berusaha atau NIB yakni berupa Peraturan Pemerintah.

Fungsi Nomor Induk Berusaha (NIB)

Layaknya NIK yang dimiliki setiap warga negara Indonesia. NIB merupakan identitas bagi sebuah perusahaan. Fungsinya untuk menggantikan beberapa izin usaha sebelumnya.

Adapun beberapa izin usaha yang digantikan dengan adanya NIB ini seperti Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API), dan akses kepabeanan sebagai eksportir dan juga importir.

Dengan memiliki NIB, setiap pelaku usaha akan mempunyai nomor identitas nasional sebagai pengenal atas badan usaha maupun non badan usaha yang dijalaninya.

Pelaku usaha yang dapat mendaftarkan NIB melalui sistem online OSS adalah:
• Perseroan Terbatas
• Perusahaan Umum
• Perusahaan Umum Daerah
• Badan Hukum Lainnya yang dimiliki oleh Negara
• Badan Layanan Umum
• Lembaga Penyiaran
• Badan Usaha yang didirikan oleh Yayasan
• Koperasi
• Persekutuan Komanditer (Commanditaire Vennootschap) atau biasa disebut CV
• Persekutuan Firma (Venootschap Onder Firma)
• Persekutuan Perdata.

Pada pengurusan izin usaha melalui OSS, setelah izin diterbitkan ada komitmen yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha.

Komitmen tersebut harus dipenuhi dalam tenggat waktu tertentu tergantung pada jenis izin usaha yang diajukan.

Apabila komitmen belum dipenuhi namun tenggat waktu telah berakhir, maka izin usaha yang sudah dikeluarkan akan otomatis dibatalkan oleh sistem.

Perlu diketahui bahwa sistem OSS mengeluarkan dua tahap izin, yakni izin usaha dan izin komersial. Izin usaha ini merupakan izin perdagangan dan jasa yang umumnya tidak membutuhkan izin tambahan atau melakukan kegiatan produksi sendiri.

Sedangkan izin komersial merupakan izin yang perlu didaftarkan untuk keperluan operasional tertentu. Seperti izin BPOM untuk pelaku usaha yang mendistribusi serta memproduksi makanan.

Namun, tidak semua usaha butuh izin komersial ini. Meskipun begitu, bagi yang memerlukannya maka harus mendapatkan izin usaha lebih dulu sebelum akhirnya mengajukan izin komersial.

Supaya proses pengurusan izin usaha melalui sistem online OSS dapat berjalan dengan lancar. Anda harus memperhatikan data yang akan diinput. Oleh karena itu, sebagai pelaku usaha anda harus memastikan bahwa data pribadi yang terdaftar di sistem pencatatan sipil dengan yang diinput pada sistem OSS sama.

Dan juga untuk memperhatikan apakah kewajiban membayar pajak telah selesai dilakukan. Karena data yang tidak sesuai akan menghambat proses pengurusan izin melalui sistem OSS.

Jasa Pengurusan NIB Malang

Ada banyak perusahaan baru setiap harinya di berbagai kota besar di Indonesia ini, termasuk kota Malang dan sekitarnya. Hal ini membuktikan bahwa kehidupan perekonomian di negeri ini terus berjalan.

Sebuah fakta baik yang harus diiringi dengan kesadaran para pelaku usaha untuk mendaftarkan perusahaannya dan memiliki berbagai izin usaha yang berlaku.

Salah satunya dengan memiliki nomor induk berusaha atau NIB bagi setiap perusahaan. Namun, pengurusan berbagai izin usaha secara manual yang terbilang berbelit-belit dan butuh waktu lebih lama membuat banyak pelaku usaha enggan untuk mengurusnya.

Padahal, saat ini anda bisa mengurus izin usaha dengan mudah dan cepat dengan bantuan biro jasa. Termasuk anda juga bisa berkonsultasi dalam pengurusan NIB.

Salah satu biro jasa yang menyediakan layanan jasa pengurusan NIB Malang adalah Jasa Berkah. Jasa Berkah merupakan perusahaan yang memberikan layanan pengurusan berbagai izin usaha termasuk salah satunya pengurusan NIB.

Jasa Berkah telah memiliki pengalaman bertahun tahun dalam memberikan pelayanan pengurusan berbagai izin usaha untuk perusahaan baik skala besar maupun skala kecil seperti UMKM.

Kelebihan Mengurus Izin Usaha dengan Biro Jasa

Anda bisa saja mengurus izin usaha secara mandiri namun memang butuh waktu, tenaga dan biaya lebih untuk mengurusnya hingga selesai.

Solusinya, jika anda ingin yang lebih mudah dan cepat anda bisa menggunakan biro jasa yang memang memberikan pelayanan pengurusan berbagai izin usaha.

Adapun kelebihannya jika anda mengurus izin usaha dengan biro jasa adalah:

• Lebih Cepat dan Praktis

Hal pertama yang paling anda rasakan jika menggunakan biro jasa untuk mengurus izin usaha adalah prosesnya yang lebih cepat dan praktis.

Ketika mengurus izin usaha secara mandiri, apalagi anda baru pertama kali mengurusnya akan rentan mengalami risiko kegagalan. Dimana mungkin anda belum tahu persyaratan dokumen dan prosedur yang harus dilalui.

Bedanya dengan biro jasa, mereka telah memiliki pengalaman dalam mengurus izin usaha. Sehingga meminimalisir risiko kegagalan. Dan tentunya hanya butuh waktu singkat untuk mengurus semuanya hingga surat izin yang anda butuhkan ada di tangan.

Prosesnya juga lebih praktis karena anda tidak perlu mendatangi langsung kantor instansi terkait. Sebab, anda hanya perlu menyiapkan dokumen utama yang menjadi persyaratan. Selanjutnya, pihak biro jasa yang akan mengurusnya untuk anda.

• Harga Lebih Terjangkau

Saat ini banyak biro jasa yang menawarkan harga terjangkau untuk berbagai pengurusan izin usaha. Sehingga, anda hanya perlu memilih biro jasa terpercaya yang memberikan hasil kerja yang berkualitas.

Harga yang ditawarkan biro jasa dirasa lebih murah dibanding anda harus mengurus secara mandiri dengan keterbatasan pengalaman dan pengetahuan anda terkait pengurusan izin usaha.

Belum lagi biaya lain yang mungkin saja harus anda keluarkan untuk mengurus izin usaha secara mandiri, dan risiko mengalami penipuan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

• Kualitas Dokumen Terjamin

Jika ada pilihan cara mengurus izin usaha yang lebih praktis, hemat waktu, tenaga, dan biaya dengan kualitas dokumen yang sama dengan cara anda mengurusnya secara mandiri. Tentu anda memilih pilihan pertama.

Sehingga, menggunakan biro jasa tentunya menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang ingin mengurus izin usaha dengan praktis dan kualitas dokumen yang terjamin sama seperti saat anda mengurusnya secara mandiri.

Namun, pastikan bahwa anda hanya memilih biro jasa terpercaya yang memang sudah memiliki pengalaman bertahun tahun dalam mengurus izin usaha.

Jangan lupa untuk melihat portofolio yang pernah dibuat oleh pihak biro jasa, dengan begitu anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan layanannya atau tidak.

Lihat juga testimoni dari klien yang pernah menggunakan layanannya, karena pendapat klien terdahulu bisa menjadi acuan untuk melihat seperti apa kinerja dan hasil kerja yang akan anda dapatkan dengan menggunakan layanan biro jasa tersebut.

Kesimpulan

Nomor induk berusaha atau NIB adalah identitas perusahaan yang dibutuhkan sebagai pengganti pengurusan izin usaha lainnya seperti TDP, API, dan lain sebagainya.

Saat ini anda bisa dengan mudah mendapatkan NIB melalui sistem online OSS yang bisa anda akses melalui website resminya. Jika anda masih merasa kesulitan untuk mengurusnya sendiri, anda bisa mengandalkan jasa pengurusan NIB Malang bersama Jasa Berkah.