Pengurusan NIB atau Nomor Induk Berusaha sebenarnya cukup mudah, tapi masih banyak khalayak umum yang tidak tahu bagaimana cara mengurusnya.

NIB atau Nomor Induk Berusaha adalah nomor identitas pelaku usaha dalam rangka pelaksanaan kegiatan berusaha sesuai dengan bidang usahanya.

NIB ini pula sekaligus berlaku sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Angka Pengenal Impor (API) yang dibutuhkan saat perusahaan melakukan impor, dan Akses Kepabeanan untuk perusahaan melakukan kegiatan ekspor atau impor.

Cara Pengurusan NIB (Nomor Induk Berusaha)

Langkah awal untuk mengurus NIB adalah pelaku usaha atau investor lebih dulu mengurus pendirian badan usaha atau perusahaannya. Baik itu PT, CV, Firma, Yayasan, atau Koperasi.

Setelah melakukan pengurusan pendirian perusahaan dengan membuat akta pendirian perusahaan di Notaris dan juga melengkapinya dengan mendaftra NPWP, kemudian baru dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni :
1. Pelaku usaha atau investor melakukan registrasi melalui Sitem Online Single Submission (OSS) secara online menggunakan NIK atau paspor untuk mendapatkan user id.
2. Setelah pendaftaran selesai dan berhasil, kemudian pelaku usaha atau investor dapat login ke sistem online dan memilih nomor akta, dilanjut melengkapi data berusaha/ investor untuk mendapatkan NIB dan perizinan dasar.
3. Adapun persyaratan yang perlu dilengkapi untuk bisa mendapatkan NIB dan perizinan dasar, adalah sebagai berikut :
• Data perusahaan (sebagian data tersedia di sistem AHU Online, sebagian butuh dilengkapi manual)
• Data pemegang saham
• Data nilai investasi
• Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA), jika membutuhkan tenaga kerja asing.
• Data BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan
4. Kemudian anda secara otomatis akan mendapat pemberitahuan insentif fiskal apabila kegiatan usaha masuk dalam kriteria yang sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku
5. Apabila sudah mendapatkan NIB, perizinan dasar, serta pemberitahuan perizinan dan fasilitas. Kemudian anda dapat melakukan kegiatan usaha mulai dari konstruksi, produksi, hingga kegiatan komersial.

Seperti itu tahapan yang harus dilalui untuk mendapatkan NIB yang baiknya diproses sebelum melakukan usaha. NIB sendiri merupakan kebijakan pemerintah yang dilakukan untuk mempercepat pelaksanaan dalam melakukan usaha di Indonesia.

NIB ini kemudian juga berfungsi bagi pelaku usaha untuk mengurus surat izin usaha lainnya, dan juga berfungsi sebagai akses kepabeanan dan Angka Pengenal Importir (API).

Untuk kemudahan pelaku usaha dalam mengurusnya, kemudian pemerintah membuat peraturan baru yakni memberikan layanan perizinan berusaha terintegrasi secara elektronik yakni bisa dilakukan hanya dengan mengakses OSS.

Jika pelaku usaha atua investor telah memiliki NIB, maka setiap dari mereka nantinya tidak perlu membawa terallu banyak dokumen persyaratan untuk mengurus izin usaha. Karena cukup menggunakan NIB sebagai salah satu dokumen yang dibutuhkan sebagai dokumen pendukung.

Alasan Melakukan Pengurusan IMB

Dalam menjalankan kegiatan usaha, sebelumnya anda harus memiliki berbagai surat izin, seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), Tanda Daftar Perusahaan (TDP), Izin Usaha Industri (IUI), dan Izin Usaha Tetap (IUT).

Untuk mendapatkan semua surat izin usaha tersebut, tentunya anda membutuhkan bantuan Notaris dan melewati semua prosedur dalam pengajuan masing masing perizinan.

Anda juga harus mengumpulkan dokumen terkait yang dibutuhkan sebagai persyaratan dalam pembuatan perizinan usaha. Selain itu juga anda harus membutuhkan beragam dokumen pendukung.

Dengan mengurus NIB anda dapat melengkapi semua surat izin usaha tersebut dengan mudah. Dapat dikatakan NIB menjadi pengganti dari SIUP, TDP, dan surat izin lainnya.

Masa berlaku NIB adalah selama para pelaku usaha masih menjalankan usahanya sesuai dengan aturan yang perlu. Tetapi pemerintah juga bisa mencabut NIB tersebut apabila pelaku usaha dinyatakan melakukan penyimpangan atau menjalankan aktivitas yang tidak sesuai data NIB.

Payung Hukum Pengurusan NIB

Diberlakukannya NIB ini tak lain adalah untuk mempercepat dan meningkatkan potensi usaha dan investasi di Indonesia. Oleh karena itu pemerintah mengadakan perubahan dalam proses pengajuan perizinan usaha.

NIB ini kemudian akan diterbitkan oleh pimpinan lembaga, menteri, atau pemerintah daerah dalam bentuk dokumen elektronik yang sesuai dengan ketentuan aturan yang berlaku.

Penerbitan NIB ini dilakukan melalui lembaga Online Single Submission (OSS).

Lembaga OSS nantinya akan mengeluarkan Nomor berjumlah 13 digit disertai pengamanan dan tanda tangan elektronik. NIB menjadi tanda bahwa pengusaha atau investor telah sah dalam melakukan segala kegiatan usaha sesuai dengan isi komitmen dalam perizinan.

Fungsi Pengurusan NIB

Bagi beberapa orang yang baru saja terjun dalam kegiatan usaha, mungkin tidak begitu memahami apa fungsi dari memiliki Nomor Induk Berusaha atau NIB ini.

Tetapi NIB ini sangatlah berguna bagi pelaku usaha dalam melakukan kegiatan usaha. Adapun fungsi dari NIB dapat kita pahami dengan penjelasan di bawah ini:

• Menyimpan Data dengan Satu Identitas

Hal yang tak asing lagi bahwa saat pelaku usaha ingin melakukan pengurusan perizinan usaha tertentu, ia harus membawa banyak berkas sebagai persyaratan, ditambah lagi dengan berkas lainnya yang ia rasa akan diperlukan dalam pengajuan perizinan.

Tetapi hal ini tidak berlaku apabila anda memiliki NIB. Anda hanya perlu membawa NIB, dan dapat mengurus surat izin lainnya. Jadi terbilang lebih praktis bukan?

Karena biasanya pelaku usaha harus memiliki beberapa surat izin, maka dengan NIB ini pembuatannya akan lebih mudah karena otomatis surat tersebut diterbitkan menggunakan satu identitas.

• Proses Perizinan Lebih Cepat

Sebelum pemerintah memudahkan pendaftaran NIB bagi pelaku usaha menggunakan OSS, dulu pembuatannya terbilang cukup sulit.

Tetapi saat ini orang bisa mendapatkan NIB dengan mudah dan cepat. Tentunya sangat menguntungkan pelaku usaha untuk mengurus bisnis di lapangan maupun dalam ruangan.

Karena pengurusan NIB dilakukan secara online, yakni dengan sistem OSS. Maka kesalahan pengisian juga dapat dihindari, karena pelaku usaha langsung yang melakukan pengisian data.

• Dapat Menerbitkan Dokumen Pendukung Lebih Mudah

Pelaku usaha atau investor yang telah memiliki NIB, tak hanya akan mendapatkan kemudahan saat menguurs perizinan operasional dan komersial, tetapi juga akan mudah saat mengurus dokumen pendukung lainnya.

Dokumen pendukung ini ada kaitannya dengan operasional perusahaan. Berikut ini adalah berkas dokumen yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan kepemilikan NIB:

- NPWP Badan Usaha

Sebagai warga negara yang baik sudah tentu kita harus memiliki NPWP, termasuk juga NPWP khusus milik badan usaha atau perusahaan yang anda jalankan.

Proses pembuatan NPWP ini bisa dilakukan secara online maupun konvensional yakni dengan mendatangi langsung kantor pajak di wilayah setempat.

Biasanya permohonan NPWP untuk badan usaha terbilang rumit dan membutuhkan waktu yang lama jika diurus secara manual di kantor pajak. Tetapi dengan memiliki NIB, Anda bisa mendapatkan NPWP badan usaha dengan mudah dan cepat.

- BPJS Ketenagakerjaan

Selain dapat untuk mengurus NPWP badan usaha dengan mudah dan cepat. Dengan kepemilikan NIB ini juga anda dapat mengurus BPJS Ketenagakerjaan.

Dimana BPJS Ketenagakerjaan juga anda butuhkan dalam kegiatan perusahaan yang berfungsi sebagai pemenuh hak karyawan dan juga sebagai bentuk mematuhi aturan pemerintah.

- BPJS Kesehatan

Tak hanya BPJS Ketenagakerjaan, dengan kepemilikan NIB anda juga bisa mengurus BPJS Kesehatan dengan mudah.

Baik BPJS Kesehatan maupun BPJS Ketenagakerjaan, keduanya memiliki dampak positif bagi perusahaan anda, karena berfungsi untuk mensejahterakan karyawan perusahaan anda.

- SIUP dan Notifikasi Kelayakan

SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan juga bisa anda urus dengan mudah apabila telah memiliki NIB. Selain itu berkas lain yang bisa anda terima dengan memilik NIB juga seperti notifikasi kelayakan untuk memperoleh fasilitas fiskal.

- RPTKA (Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing)

Dokumen lain yang akan dengan mudah anda dapatkan apabila telah memiliki NIB adalah RPTKA. Dokumen ini penting untuk dimiliki apabila anda akan mempekerjakan tenaga kerja dari luar negeri.

Itulah sederet dokumen dokumen penting yang akan dengan mudah anda miliki apabila telah memiliki NIB.

Hal ini tentunya berbeda apabila anda tidak memiliki NIB. Semua proses pembuatan dokumen akan membutuhkan waktu lebih lama.

Manfaat Penting Pengurusan NIB

Tentunya ada manfaat penting dari memiliki NIB, dimana pengembangan usaha anda akan jadi lebih cepat dilakukan tanpa ada gangguna dan rasa khawatir sebab belum memiliki legalitas perusahaan.

Karena usaha yang legal dan resmi adalah jaminan di mata konsumen, dimana perusahaan yang tidak memiliki izin resmi dari pemeritnahan justru akan berdampak buruk bagi perusahaan itu sendiri, dan mengurangi tingkat kepercayaan konsumen.

Selain itu dengan memiliki NIB anda juga akan lebih mudah dalam mengajukan pinjaman atau mencari investor untuk pembiayaan perusahaan yang anda jalankan.

NIB ini adalah tanda yang mempengaruhi apakah investor bersedia memberikan suntikan dana atau tidak. Karena di bagi investor, mereka butuh yakin dalam memilih perusahaan dengan mengetahui kelengkapan dokumen resminya sebelum akhirnya mereka berinvestasi di perusahaan tersebut.

Jasa Pengurusan NIB Surabaya

Setelah mengetahui sedikit lebih jauh mengenai NIB, meliputi cara pengurusan NIB, fungsi dan manfaat dari NIB, ada satu hal lagi yang perlu anda ketahui. Mengingat meskipun cara pengurusan NIB mudah bagi sebagain orang.

Tetapi bagi sebagian orang lain menganggap prosedur yang harus dilalui sampai akhirnya NIB diterbitkan tergolong rumit dan membutuhkan waktu lama. Apalagi bagi pelaku usaha yang fokus mengurus persiapan usahanya, sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk mengurus NIB sendiri.

Oleh karena itu, anda dapat mengurus NIB dengan mudah dengan menggunakan layanan jas pengurusan NIB. Khususnya bagi anda yang hendak mendirikan perusahaan di wilayah Surabaya dan sekitarnya, anda dapat dengan mudah mengurus NIB bersama Jasa Berkah.

Jasa Berkah adalah perusahaan biro jasa yang memberikan pelayanan pengurusan berbagai surat izin usaha termasuk salah satunya Nomor Induk Berusaha atau NIB.

Dengan pengalaman bertahun tahun mengurus berbagai surat izin usaha milik perusahaan baik skala kecil maupun besar, Jasa Berkah tentunya memberikan pelayanan terbaik dengan hasil kerja berkualitas tinggi.

Waktu yang diperlukan untuk mengurus NIB bersama Jasa Berkah juga terbilang singkat, dan tentunya mempermudah anda karena anda tidak perlu repot mengurusnya. Anda hanya perlu menyiapkan dokumen yang menjadi persyaratan utama dalam pembuatan NIB.

Berkegiatan usaha jadi lebih mudah dan cepat dengan jasa pengurusan NIB Surabaya bersama Jasa Berkah. Untuk informasi selengkapnya anda dapat mengakses website Jasa Berkah atau menghubunginya melalui via WhatsApp.