Perlu diketahui bahwa SIUP perusahaan kecil dan menengah diterbitkan dan ditandatangani oleh Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Tingkat II atas nama menteri.

SIUP atau surat izin usaha perdagangan ini adalah salah satu dokumen yang harus dimiliki oleh setiap perusahaan atau badan usaha yang bergerak di bidang perdagangan.

SIUP Perusahaan Kecil dan Menengah

Setiap perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan usaha perdagangan wajib memiliki surat izin usaha perdagangan.

Kegiatan perdagangan yaitu kegiatan tukar menukar barang atau jasa berdasarkan kesepakatan bersama. Kegiatan perdagangan ini meliputi jual beli, sewa menyewa, jual sewa, dan lainnya.

Apabali ada sebuah perusahaan yang melakukan kegiatan seperti di atas, maka perusahaan tersebut wajib untuk mengurus surat izin usaha perdagangan.

Baik itu perusahaan skala kecil maupun menengah. Dimana perusahaan kecil yang dimaksud dalam undang undang menteri perdagangan yang masuk dalam kategori perusahaan wajib memiliki SIUP adalah perusahaan dengan modal atau jumlah kekayaan mulai dari Rp 50 juta sampai Rp 500 juta, namun tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Sementara yang dimaksud perusahaan menengah dan wajib juga untuk memiliki surat izin usaha perdagangan, adalah perusahaan yang memiliki modal serta kekayaan total mulai dari Rp 500 juta hingga Rp 10 milyar, kecuali tanah dan bangunan tempat usaha.

Selain dua kategori di atas, sebenarnya ada dua kategori lain mengenai jenis SIUP ini. Yakni SIUP mikro yang merupakan surat izin usaha perdagangan yang diberikan untuk perusahaan atau pemilik badan usaha yang memiliki modal dan kekayaan bersih lebih dari Rp 50 juta dan paling tinggi hanya mencapai Rp 500 juta.

Serta SIUP besar yang diperuntukkan untuk perusahaan yang memiliki kekayaan lebih dari Rp 10 milyar, kecuali tanah dan bangunan tempat usaha.



Bagi perusahaan kecil dan menengah yang ingin melakukan pembuatan SIUP harus lebih dulu menyiapkan persyaratan pengurusannya. Adapun persyaratan pengurusan SIUP dibedakan berdasarkan jenis atau bentuk usaha yang dijalankan.

SIUP untuk Perseroan Terbatas (PT)

Jika perusahaan anda termasuk dalam kategori PT, maka dokumen yang harus disiapkan adalah :
- Fotokopi KTP milik direktur utama, penanggung jawab, atau pemegang saham
- Fotokopi kartu keluarga atau KK apabila penanggung jawab seorang perempuan
- Fotokopi NPWP
- SITU atau surat keterangan domisili
- Fotokopi akta pendirian PT yang disahkan Menteri Hukum dan HAM
- Fotokopi surat keputusan pengesahan badan hukum dari Menteri Hukum dan HAM
- Surat izin gangguan atau HO
- Izin prinsip
- Neraca perusahaan
- Pas foto direktur utama, penanggung jawab, atau pemilik perusahaan ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar
- Materai Rp 6000
- Beserta izin teknis lainnya sesuai kebutuhan

SIUP untuk Koperasi

Sementara untuk Koperasi berkas berkas yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut :
- Fotokopi KTP Dewan Pengurus dan Dewan Pengawas Koperasi.
- Fotokopi NPWP.
- Fotokopi Akta Pendirian Koperasi yang sudah disahkan instansi berwenang.
- Daftar organisasi atau susunan Dewan Pengurus serta Dewan Pengawas.
- Fotokopi surat domisili atau SITU dari Pemerintah Daerah (Pemda)
- Neraca Koperasi.
- Meterai 6000.
- Pas foto Direktur Utama atau Penanggung Jawab atau Pemilik Perusahaan ukuran 4×6 sebanyak dua lembar
- Surat izin lainnya terkait perusahaan, seperti izin Amdal dari Badan Pengendalian Dampak Lingkungan daerah apabila usaha Anda akan menghasilkan limbah.

SIUP untuk Perseroan Terbuka (Tbk)

Perusahaan dengan badan hukum Perseroan Terbuka atau Tbk, dokumen yang harus dilengkapi adalah sebagai berikut :
- Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Direktur Utama atau Penanggung Jawab atau Pemilik Perusahaan.
- Fotokopi SIUP Sebelum menjadi Perseroan Terbuka.
- Fotokopi Akta Notaris Pendirian dan Perubahan Perusahaan dan Surat Persetujuan Status Perseroan Tertutup Menjadi Perseroan Terbuka dari Departemen Hukum dan HAM.
- Surat Keterangan dari Badan Pengawas Pasar Modal bahwa perusahaan yang bersangkutan telah melakukan penawaran umum secara luas dan terbuka.
- Fotokopi Surat Tanda Penerimaan Laporan Keuangan Tahunan Perusahaan (STP LKTP) tahun buku terakhir.
- Foto Direktur Utama atau Penanggung Jawab atau Pemilik Perusahaan ukuran 4×6 cm sebanyak dua lembar.

Tambahan dokumen yang harus dilengkapi selain di atas adalah surat izin pemilik. Dokumen ini dilengkapi apabila tempat kegiatan usaha yang dipakai bukan milik sendiri, sehingga dibutuhkan tanda bukti ketidakberatas atas penggunaan tanah atau bangunan oleh pemiliknya.

SIUP Perorangan

Sementara syarat untuk pembuatan SIUP bagi perusahaan perorangan adalah sebagai berikut :
- Fotokopi KTP pemilik atau penanggung jawab perusahaan.
- Fotokopi NPWP perusahaan.
- Fotokopi surat izin tempat usaha (SITU) dari pemerintah daerah setempat bagi kegiatan usaha perdagangan yang dipersyaratkan SITU berdasarkan ketentuan Undang-undang gangguan (HO).
- Neraca Perusahaan.

Apabila semua dokumen yang menjadi persyaratan di atas telah dilengkapi, maka anda bisa langsung mengurus pembuatan surat izin usaha perdagangan ini dengan mengunjungi langsung kantor pelayanan terkait di wilayah domisili anda.

Tahapan Pembuatan SIUP Perusahaan Kecil dan Menengah

Adapun tahapan dalam pembuatan surat izin usaha perdagangan adalah sebagai berikut :

1. Tahap I

Anda bisa datang langsung ke kantor pelayanan atau kantor dinas perdagangan untuk mengambil formulir pendaftaran atau surat permohonan pembuatan surat izin usaha perdagangan.

Jika anda selaku pemilik usaha berhalangan dan tidak bisa mengunjungi langsung sendiri, maka anda dapat meminta orang terpercaya anda mengambilnya dengan membawakannya surat kuasa.

Formulir atau surat permohonan ini bisa anda dapatkan di resepsionis di kantor terkait, dimana sebelum anda bisa memiliki surat izin usaha perdagangan, anda diharuskan terlebih dahulu mengajukan permohonan dengan melampirkan formulir tersebut.

2. Tahap II

Jika anda telah mendapatkan formulir atau surat permohonan pembuatan surat izin usaha perdagangan, anda bisa langsung mengisi formulir tersebut dengan lengkap dan benar.

Kemudian anda tanda tangani di atas materai Rp 6000. Adapun orang yang berhak untuk menanda tangani formulir atau surat permohonan pembuatan surat izin usaha perdagangan ini adalah pemilik perusahaan, atau penanggung jawabnya.

Setelah formulir atau surat permohonan ini diisi serta ditanda tangani oleh pemilik perusahaan, kemudian anda dapat menduplikatnya menjadi dua rangkap, dan digabung bersama dokumen lainnya yang menjadi persyaratan pembuatan surat izin usaha perdagangan.

3. Tahap III

Pada tahapan ini anda perlu untuk mengisi beberapa pernyataan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan surat izin usaha perdagangan.

Adapun pernyataan terkait akan diberitahukan oleh petugas kantor pelayanan terkait. Setelah proses pembautan pernyataan ini selesai, anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

4. Tahap IV

Pada tahapan ini anda diminta untuk membayar tarif pembuatan surat izin usaha perdagangan. Biaya yang dibutuhkan tiap wilayah berbeda beda, namun telah diatur dalam peraturan daerah masing masing.

5. Tahap V

Biasanya proses pembuatan surat izin usaha perdagangan membutuhkan waktu hingga 2 minggu. Setelah surat izin usaha perdagangan anda jadi, maka anda bisa mengambilnya di tempat anda membuatnya.

Biasanya anda akan dihubungi oleh petugas kantor pelayanan apabila surat izin usaha perdagangan anda sudah jadi, oleh karena itu pastikan anda mengisi data dengan benar termasuk nomor telepon yang bisa dihubungi. Anda bisa menunggu di rumah hingga petugas yang berwenang menghubungi anda.

Setelah anda mendapatkan surat izin usaha perdagangan anda maka anda dapat menjalankan kegiatan usaha perdagangan dengan aman dan nyaman, sebab anda telah memiliki dokumen yang resmi dikeluarkan pemerintah.

Manfaat SIUP Perusahaan Kecil dan Menengah

Ada banyak manfaat yang dapat anda peroleh dengan memiliki surat izin usaha perdagangan ini, di antaranya:

- Bukti izin resmi dari pemerintah

Kewajiban perusahaan atau badan usaha bentuk apapun di sektor perdagangan untuk memiliki surat izin usaha perdagangan telah diatur dalam undang undang pemerintah.

Dengan begitu dapat dikatakan bahwa surat izin usaha perdagangan ini merupakan bukti izin resmi dari pemerintah. Sehingga dengan memiliki surat izin usaha perdagangan artinya anda akan mendapat perlindungan hukum yang kuat.

Sehingga, di kemudian hari anda tidak akan terkena kasus hukum yang menyangkut perizinan usaha, sebab anda memiliki bukti resmi atas perizinan dari pemerintah.

- Syarat utama kemajuan perusahaan

Setiap pemilik perusahaan sudah tentu ingin memajukan perusahaannya. Salah satu cara untuk memajukan perusahaan adalah dengan menjangkau pasar yang lebih luas lagi.

Untuk bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi, perusahaan membutuhkan modal tambahan untuk memproduksi barang atau meningkatkan kualitas jasa yang dipromosikan.

Anda bisa mendapat modal tambahan dengan mengajukan pinjaman modal usaha ke lembaga keuangan seperti bank. Bank akan memberikan modal usaha kepada perusahaan yang memenuhi syarat.

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh perusahaan yang ingin mengajukan pinjaman modal usaha adalah dengan menyertakan surat izin, seperti surat izin usaha perdagangan bagi perusahaan yang melakukan kegiatan perdagangan.

Selain itu surat izin usaha perdagangan anda juga akan berguna saat anda ingin mengikuti lelang atau tender. Apalagi tender yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Sebab salah satu syarat wajib untuk bisa mengikuti lelang atau tender tersebut adalah dengan memiliki surat izin usaha perdagangan.

- Penunjang untuk melakukan perdagangan internasional

Hal lain yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan perusahaan anda menjadi lebih besar adalah dengan menjangkau pasar internasional.

Yakni dengan cara kegiatan ekspor dan impor. Tetapi tidak sembarang perusahaan dapat melakukan kegiatan ekspor dan impor ini secara sah. Karena anda harus memiliki surat izin usaha perdagangan.

Surat izin usaha pedagangan atau SIUP ini menjadi syarat utama saat anda ingin melakukan kegiatan ekspor dan impor. Maka baiknya anda segera mengurus SIUP apabila ingin menjangkau pasar internasional.

- Meningkatkan kredibilitas perusahaan

Perusahaan yang tidak memiliki izin usaha diragukan kredibilitasnya oleh pasar. Maka sebaiknya lakukan pengurusan pembautan surat izin usaha perdagangan sehingga perusahaan anda akan memiliki kredibilitas yang baik di mata pasar.

Selain itu, jika anda memiliki izin usaha yang lengkap, perusahaan anda juga akan terlihat profesional bagi konsumen. Dimana konsumen juga cenderung memilih perusahaan yang profesional dan kredibel.

Dengan fakta tersebut sebaiknya anda segera mengurus surat izin usaha perdagangan perusahaan anda. Karena dengan begitu anda juga bisa menaikkan trafik penjualan produk atau jasa yang anda promosikan.

Begitu pentingnya surat izin usaha perdagangan bagi perusahaan yang bergerak di sektor perdagangan ini. Apalagi ada sanksi tegas yang telah diatur dalam undang undang apabila perusahaan atau pemilik badan usaha tidak mematuhi kewajiban dalam pembuatan surat izin usaha perdagangan ini.


Seperti yang tertuang dalam pasal 32, bahwa perusahaan yang tidak mematuhi aturan dan kewajibannya (termasuk dalam pembuatan surat izin usaha perdagangan ini) maka diancam pidana penjara selama lamanya tiga bulan atau pidana denda setinggi tingginya Rp 3 juta.

Dengan mengetahui sanksi yang akan didapat apabila tidak patuh dengan aturan pemerintah tersebut, sebaiknya setiap pemilik perusahaan sadar bahwa penting sekali untuk memiliki izin usaha tersebut.

Karena dengan mematuhi peraturan pemerintah, anda juga secara tidak langsung menjadi panutan bagi pemilik perusahaan lain yang belum memiliki surat izin usaha perdagangan.

Anda tidak langsung menjadi contoh dan memotivasi pemilik usaha lainnya untuk segera mengurus surat izin usaha perdagangan mereka. Dengan begitu, tanpa anda sadari anda telah membantu pemerintah dalam mengajak pelaku usaha taat aturan pemerintah yang berlaku.

Baik bagi anda pemilik perusahaan kecil maupun perusahaan menengah. Sebab semua bentuk perusahaan dengan skala yang beragam wajib untuk memiliki izin usaha yang resmi dikeluarkan oleh pemerintah.

Apabila anda merasa keberatan dengan berbagai prosedur yang harus dilewati dalam proses pembautan surat izin usaha perdagangan ini. Maka anda bisa memanfaatkan perusahaan biro jasa yang membuka layanan pengurusan izin usaha seperti Jasa Berkah.

Jasa Berkah akan membantu anda dalam mengurus pembuatan surat izin usaha perdagangan anda dengan professional dan hasil yang memuaskan, dalam waktu proses yang singkat.

Jasa Berkah membantu para pelaku usaha baik skala kecil, menengah dan besar dalam pengurusan berbagai surat izin usaha termasuk SIUP atau surat izin usaha perdagangan ini.

Membuat SIUP Perusahaan Kecil dan Menengah Bersama Jasa Berkah

Jasa Berkah adalah perusahaan yang menyediakan layanan pengurusan pembuatan berbagai izin usaha khususnya bagi perusahaan yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya. Baik itu perusahaan kecil, perusahaan menengah, maupun perusahaan besar sekalipun.

Pengurusan dilakukan dengan proses yang singkat dan harga yang terjangkau, adapun jam operasional Jasa Berkah mulai dari 9 pagi hingga 5 sore, sehingga anda dapat berkonsultasi gratis terlebih dahulu apabila ingin mengurus pembuatan surat izin usaha bersama Jasa Berkah.

Manfaat menggunakan layanan Jasa Berkah untuk pembuatan surat izin usaha perdagangan anda baik itu SIUP perusahaan kecil maupun perusahaan menengah adalah anda tidak perlu repot datang ke kantor pelayanan untuk mengurusnya dan mengikuti semua prosedur birokrasinya.

Anda hanya perlu memberikan salinan dokumen yang menjadi persyaratan dalam pembuatan surat izin usaha perdagangan atau SIUP ini sesuai aturan pemerintah setempat yang berlaku.

Dalam waktu kurang dari 2 minggu, surat izin usaha anda sudah bisa selesai diproses dan selama menunggu SIUP jadi, anda bisa fokus dengan perusahaan anda tanpa harus pusing dalam pengurusan surat izin usaha ini.

Jasa Berkah akan melayani anda dengan profesional dan memberikan kualitas tinggi baik itu dokumen maupun pelayanannya. Termasuk surat izin usaha perdagangan atau SIUP perusahaan kecil dan menengah diterbitkan dan ditandatangani oleh pejabat yang berwenang.