Saat ini banyak orang yang mencari tahu cara membuat SIUP online, SIUP adalah singkatan dari surat izin usaha perdagangan yang merupakan salah satu dokumen penting dalam melaksanakan kegiatan usaha perdagangan.

Sebelumnya cara membuat SIUP adalah dengan langsung datang ke kantor pelayanan setempat untuk mengajukan permohonan pembuatan surat izin usaha perdagangan.

Banyak pelaku usaha yang mengeluhkan proses manual dalam pembuatan SIUP dikarenakan memakan waktu yang lama dan proses yang panjang. Namun kini anda dapat membuat SIUP secara online.

Cara Membuat SIUP Online

Cara membuat SIUP online adalah dengan melalui sistem OSS atau Online Single Submission. OSS ini adalah terobosan baru yang dibuat pemerintah demi kemudahan para pelaku usaha mengurus perizinan.

Sistem OSS ini hadir bersama dengan peraturan pemerintah nomor 24 tahun 2018. Pengurusan izin usaha melalui OSS akan diteruskan ke pemerintah daerah terkait supaya dapat diterbitkan surat izin usaha perdagangan yang diminta.

Salah satu syarat supaya para pelaku usaha dapat membaut SIUP online adalah harus memiliki nomor induk berusaha atau NIB. NIB ini merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh Lembaga OSS setelah pelaku usaha melakukan pendaftaran.

Adapun fungsi nomor induk berusaha ini adalah sebagai Tanda Daftar Perusahaan (TDP), serta Angka Pengenal Impor (API) yang digunakan apabila pelaku usaha hendak melakukan kegiatan impor. Selain itu juga sebagai akses kepabeanan apabila pelaku usaha hendak melakukan kegiatan ekspor dan impor.



NIB juga wajib dimiliki para pelaku usaha, sebab tanpa adanya NIB pelaku usaha akan kesulitan untuk memiliki beberapa dokumen penting lainnya terkait usaha perdagangan.

Yakni seperti NPWP, RPTKA atau surat pengesahan rencana penggunaan tenaga kerja asing, bukti pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan, dan termasuk dalam pembuatan SIUP atau surat izin usaha perdagangan.

Adapun langkah langkah untuk membuat NIB yang dibutuhkan sebagai syarat pembuatan SIUP adalah sebagai berikut :
- Buka alamat website OSS di oss.go.id
- Pilih menu Daftar pada pojok kanan atas di laman web
- Isi formulir registrasi yang tertera pada layar
- Centang syarat dan ketentuan kemudian klik Daftar
- Melakukan aktivasi dengan membuka email yang dikirim dari sistem OSS.
- Sistem OSS akan mengirim email konfirmasi akun registrasi OSS yang memberitahu username, password, dan juga nomor identitas.
- Login pada website dengan username dan password yang telah diberikan melalui email
- Setelah login, anda bisa memilih Perizinan Berusaha (Non Perseorangan)
- Perlu diketahui, apabila perusahaan anda berbentuk PT maka data perusahaan akan otomatis terisi
- Namun jika data perusahaan tidak tampil, maka anda harus mengisi data perusahaan secara manual.
- Data dapat diambil dari AHU online dengan cara pilih Perizinan Berusaha (Non Perseorangan), pilih Perekaman Data Akta, lalu klik tombol Ambil Data Perusahaan (PT0 dari AHU Online, dan isi Nama Perusahaan.
- Apabila perusahaan anda berbentuk selain PT, seperti CV, Koperasi, atau perorangan, maka anda perlu melakukan perekaman data manual pada menu Perekaman Data Akta, di menu pilih Tambah
- Sebelum mengisi Perekaman Data, siapkan beberapa informasi terkait perusahaan seperti data perusahaan, data pengurus pemegang, shaam, modal perusahaan, dan tujuan perusahaan
- Apabila pengisian data sudah selesai, maka anda dapat melanjutkan langkah untuk mendapat nomor induk berusaha atau NIB dengan memilih menu Permohonan Berusaha
- Klik pada bagian Pilih Akta
- Tungu sesaat nanti akan muncul notifikasi informasi validasi KSWP dan NPWP lalu klik Proses
- Kemudian akan ada halaman Form Permohonan dalam lima langkah
- Anda bisa memastikan apakah data perusahaan yang tampil telah sesuai, jika sudah klik tombol lanjut
- Selesaikan semua langkah hingga tuntas, kemudian pada bagian Komitmen Izin Usaha, anda bisa mencentang izin izin yang dibutuhkan lalu klik tombol Lanjut.
- Pastikan semua data telah benar dan sesuai, pantau terus informasi proses NIB.

Pembuatan SIUP online harus mengawalinya dengan memiliki akun OSS. Dimana akun tersebut yang akan digunakan untuk pembuatan surat izin usaha perdagangan secara online.

Untuk bisa memiliki akun tersebut anda harus membaut User ID seperti yang telah dijelaskan di atas. Untuk bisa membaut user ID, ada data diri yang harus dimiliki yakni seperti NIK atau Nomor Induk Kependudukan. Sementara untuk badan usaha milik negara, harus menyiapkan dasar hukum pembuatan usaha.

Adapun cara pembuatan akun OSS untuk mengurus pembuatan SIUP adalah sebagai berikut :

Badan Usaha

• Dibutuhkan NIK milik penanggung jawab perusahaan untuk membuat user ID, dilanjut melengkapi form registrasi yang tampil di sistem OSS.
• Jika setiap kolom pada form registrasi telah diisi dengan benar, kemudian sistem OSS akan mengirim email sebanyak dua kali ke alamat email yang digunakan untuk mendaftar di awal untuk dilakukan verifikasi data pembautan akun.
• Kemudian anda akan mendapat email berisikan user ID beserta password sementara untuk bisa mengakses sistem OSS.

Perorangan

• Anda dapat menggunakan NIK pribadi atau pemilik perusahaan perorangan untuk pembuatan user ID pada sistem OSS.
• Mengisi setiap kolom pada form registrasi
• Mengecek email yang dikirimkan sistem OSS untuk dilakukan verifikasi data pembuatan akun OSS
• Lalu anda dapat login kembali dengan menggunakan user ID beserta password sementara yang telah dikirimkan melalui email.

Pada langkah langkah pembuatan SIUP online seperti di atas, bagi pelaku yang baru saja memiliki usaha harus untuk melakukan proses mendapatkan izin dasar, komersial, atau operasional.

Sementara untuk pelaku usaha yang sudah berjalan, dapat melanjutkan proses untuk mendapatkan izin usaha baru yang belum dimiliki, dapat juga memperbarui data perusahaa, mengembangkan usaha, serta melakukan perpanjangan usaha.

Manfaat OSS untuk Membuat SIUP Online

Sistem OSS sebagai cara mendapatkan surat izin usaha perdagangan ini memiliki manfaat bagi pelaku usaha atau pemilik perusahaan, di antaranya :
- Memudahkan para pelaku usaha dalam mengurus berbagai surat izin usaha di tingkat pusat maupun daerah dengan mekanisme pemenuhan komitmen persyaratan izin
- Sebagai sarana untuk pelaku usaha dapat terhubung dengan semua stakeholder serta memperoleh izin secara aman, cepat dan aktual.
- Sebagai sarana bagi pelaku usaha untuk melakukan pelaporan serta pemecahan masalah perizinan dalam satu tempat
- Sebagai sarana bagi pelaku usaha untuk menyimpan data perizinan dalam satu identitas berusaha atau disebut NIB.

Apabila saat mengisi data di sistem OSS terjadi kesalahan, anda dapat mengubah data melalui menu perubahan data di sistem OSS. Asalkan data tersebut bukan komponen data yang tercantum pada anggaran dasar perusahaan.

Perubahan data tersebut bisa anda lakukan setelah pengisian formulir registrasi pada sistem OSS telah selesai anda lakukan.

Semua bentuk perizinan yang diterbitkan oleh OSS hanya akan diaktivasi dan berlaku secara efektif apabila komitmen izin telah terpenuhi dan anda telah melakukan pembayaran biaya perizinan seperti PNBP, retribusi serta lainnya sesuai peraturan yang berlaku.

Meskipun saat ini sudah ada cara mudah membuat surat izin usaha perdagangan atau SIUP secara online dengan sistem OSS, namun masih ada saja para pelaku usaha yang kesulitan dalam pengisian datanya.

Apabila anda juga merasa kesulitan saat pengisian data dan cara pembautan SIUP online, anda bisa menghubungi Jasa Berkah untuk proses pembuatan surat izin usaha perdagangan atau SIUP baik secara online maupun dengan prosedur manual di kantor pelayanan terkait.

SIUP yang anda peroleh nantinya akan disesuaikan dengan status perusahaan anda. Dimana kita ketahui bahwa terdapat tiga jenis SIUP yang ada dibedakan berdasarkan jumlah modal serta kekayaan bersih yang dimiliki suatu perusahaan.

Tiga jenis SIUP tersebut adalah sebagai berikut :
SIUP Mikro : SIUP mikro adalah surat izin usaha perdagangan yang diberikan untuk perusahaan dengan modal dan kekayaan di bawah Rp 50 juta, tidak termasuk lahan dan bangunan tempat usaha.
SIUP Kecil : SIUP kecil adalah surat izin usaha perdagangan yang diberikan untuk perusahaan dengan modal dan kekayaan bersih sekitar Rp 50 juta sampai Rp 500 juta, tidak termasuk lahan dan bangunan tempat usaha.
SIUP Menengah : SIUP menengah adalah surat izin usaha perdagangan yang diberikan untuk perusahaan dengan modal dan kekayaan sekitar Rp 500 juta sampai Rp 10 milyar, tidak termasuk lahan dan bangunan tempat usaha.
SIUP Besar : SIUP besar adalah surat izin usaha perdagangan yang diberikan untuk perusahaan dengan modal dan kekayaan sekitar di atas Rp 10 milyar, tidak termasuk lahan dan bangunan tempat usaha.

Dengan mengetahui berapa besaran modal serta kekayaan total yang dimiliki suatu perusahaan, maka anda dapat mengetahui jenis SIUP apakah nanti yang akan diperoleh.

Namun berdasarkan peraturan Menteri Perdagangan, ada pelaku usaha yang tidak wajib untuk memiliki surat izin usaha perdagangan. Pengecualian tersebut yakni :
• Kantor cabang perusahaan atau kantor perwakilan perusahaan
• Perusahaan kecil perorangan dan tidak memiliki badan hukum, atau persekutuan yang diurus serta dijalankan sendiri oleh pemiliknya atau anggota keluarga atau kerabat terdekat dari pemilik.
• Pedagang atau penjual keliling, pedagang asonga, pedagang pinggir jalan, dan sebagainya.

Meskipun SIUP wajib dimiliki, tetapi ada juga kegiatan kegiatan yang tidak boleh menggunakan surat izin usaha perdagangan ini. Hal ini berdasarkan aturan pemerintah yang berlaku. Kegiatan kegiatan tersebut dilarang untuk dijalankan dengan menggunakan SIUP, yakni :
- Kegiatan usaha yang tidak sesuai dengan kelembagaan atau kegiatan usaha seperti yang telah tertulis dalam surat izin usaha perdagangan.
- Kegiatan menghimpun dana dari khalayak ramai dengan menawarkan janji keuntungan tidak wajar, atau biasa disebut money game
- Segala kegiatan perdagangan barang atau jasa dengan sistem penjualan langsung atau single level marketing atau multilevel marketing
- Segala kegiatan perdagangan jasa survei
- Serta segala kegiatan perdagangan berjangka komoditi

Aturan yang berlaku juga menyebutkan pelarangan untuk pedagang besar atau wholesaler yang mempunyai surat izin usaha perdagangan. Dimana aturan tersebut menyebut pelarangan pedagang besar melakukan kegiatan seperti pedagang pengecer atau retailer atau pedagang informal.

Jika perusahaan anda masuk dalam kategori perusahaan yang wajib untuk memiliki SIUP maka baiknya anda segera membuat SIUP baik secara online maupun offline atau datang langsung ke kantor pelayanan.

Apabila anda ingin melakukan pembuatan SIUP dengan datang langsung ke kantor pelayanan, baiknya anda menyiapkan dokumen terkait yang harus dikumpul sebagai syarat dari pembuatan SIUP.

Adapun dokumen dokumen terkait yang harus disiapkan untuk proses pembuatan SIUP di kantor pelayanan adalah :
- Fotokopi KTP milik penanggung jawab perusahaan
- Fotokopi NPWP
- SITU atau surat domisili
- Fotokopi akta pendirian perusahaan
- Suar izin gangguan atau HO
- Neraca Perusahaan
- Pas foto milik penanggung jawab perusahaan
- Materai Rp 6000
- Surat izin teknis lainnya yang dibutuhkan perusahaan

Setelah semua dokumen tersebut dilengkapi, kemudian anda dapat langsung mengurus pembuatan SIUP dengan datang ke kantor pelayanan terkait untuk mengambil formulir pendaftaran pembuatan SIUP.

Adapun selengkapnya mengenai langkah langkah pembuatan SIUP secara manual adalah seperti berikut ini :

Ambil Formulir Pendaftaran

Mengambil formulir pendaftaran di kantor pelayanan perizinan. Apabila anda tidak dapat datang langsung ke kantor pelayanan perizinan, anda dapat meminta orang lain untuk mengambilnya dengan menyertakan surat kuasa.

Mengisi Formulir Pendaftaran

Setelah mendapat formulir pendaftaran, anda dapat mengisinya dengan benar dan sesuai data perusahaan. Kemudian formulir ditanda tangani oleh pemilik perusahaan di atas materai Rp 6000.



Setelah itu formulir pendaftaran diduplikat menjadi dua rangkap dan digabung dengan semua dokumen yang telah disiapkan sebelumnya. Yang menjadi syarat dalam membuat SIUP.

Penyerahan Dokumen dan Pembayaran

Setelah itu anda dapat membawa semua dokumen terkait ke kantor pelayanan sebagai langkah pembuatan SIUP. Pihak kantor pelayanan perizinan kemudian akan mengecek kelengkapan dokumen anda.

Apabila ada dokumen yang belum lengkap dan diperlukan untuk diperbaiki, maka dokumen akan dikembalikan kepada pemohonan. Namun apabila semuanya telah lengkap maka akan segera diproses untuk penerbitan SIUP.

Sebelum itu anda juga harus membayar sejumlah biaya pembuatan SIUP berdasarkan peraturan pemerintah daerah di setiap masing masing wilayah.

Pengambilan SIUP

Biasanya proses pembuatan SIUP hingga maksimal dua minggu. Apabila SIUP anda telah jadi pihak kantor pelayanan perizinan akan menghubungi anda, dan meminta anda untuk mengambil SIUP yang telah diterbitkan.

Seperti itulah proses pembuatan SIUP dengan mendatangi langsung kantor pelayanan perizinan serta cara membuat SIUP online dengan langkah langkah yang telah dijelaskan di atas.

Jika anda kesulitan dalam proses pembuatan SIUP atau tidak memiliki cukup waktu untuk mengurusnya, anda bisa menggunakan layanan Jasa Berkah, sebagai perusahaan yang menyediakan layanan pengurusan perizinan usaha.

Proses yang dibutuhkan terbilang singkat dengan harga penawaran yang terjangkau. Pelayanan yang diberikan oleh Jasa Berkah memiliki kualitas tinggi termasuk dokumen yang nantinya anda dapatkan.

Jasa Berkah melayani pengurusan berbagai izin usaha khususnya untuk perusahaan di wilayah Surabaya dan sekitarnya. Cara mudah membuat SIUP baik dengan cara online maupun manual dapat dengan mudah anda lakukan bersama Jasa Berkah.

Cara membuat SIUP online jadi lebih mudah bersama Jasa Berkah, miliki SIUP sekarang juga untuk keberlangsungan perusahaan anda dalam mengembangkan bisnis yang lebih besar lagi, dan sebagai bukti kepatuhan anda dengan peraturan pemerintah yang berlaku.