Selain mengurus langsung ke kantor perizinan terkait, kini anda juga bisa melakukan daftar SIUP online Surabaya atau di kota lainnya yang menjadi domisili perusahaan anda.

SIUP atau Surat Izin Usaha Perdagangan adalah salah satu jenis surat izin untuk dapat melakukan kegiatan perdagangan. Surat izin ini berbentuk dokumen dengan isi keterangan atas diberikannya izin suatu perusahaan atau badan usaha yang dikeluarkan oleh pemerintah setempat.

Daftar SIUP Online Surabaya

Saat ini anda bisa membuat surat izin usaha perdagangan secara online. Kemudahan yang diberikan pemerintah ini tak lain bertujuan supaya para pelaku usaha dapat menjalankan kegiatan usaha perdagangan secara legal.

Karena SIUP menjadi salah satu dokumen izin usaha yang penting dan harus dimiliki oleh setiap badan usaha atau perusahaan yang menjalankan kegiatan perdagangan, maka proses pendaftaran online ini dinilai dapat membantu pelaku usaha untuk memiliki surat izin usaha dengan mudah.

Mengingat terdapat peraturan pemerintah yang mengatur mengenai perizinan ini, tepatnya tertuang dalam Peraturan Menteri Perdagangan RI no. 36/M-DAG/PER/9/2007.

Dimana dikatakan dalam peraturan pemerintah tersebut bahwa surat izin usaha perdagangan atau SIUP merupakan surat izin yang diperlukan pelaku usaha supaya dapat melaksanakan kegiatan usaha perdagangan.

Para pelaku usaha wajib memiliki SIUP sehingga anda harus melakukan pengurusan pendaftarannya secara resmi dan sesuai aturan pemerintah.

Lalu, bagi pelaku usaha yang berdomisili di Surabaya bagaimana cara daftar SIUP online ini? Anda dapat mendaftarnya melalui sistem OOS atau Online Single Submission. Surat izin usaha perdagangan yang dibuat melalui sistem OSS ini akan diterbitkan atas nama menteri, gubernur, walikota, serta pimpinan lembaga.

Bagi anda yang ingin daftar SIUP online berikut ini syarat dan cara pengurusannya :

1. Syarat Daftar SIUP Online

Sebelum anda mengakses sistem OSS untuk daftar SIUP Online, anda harus lebih dulu menyiapkan syarat-syarat mengurus SIUP terkait, yakni :
- NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang dibutuhkan untuk membuat user ID. Adapun NIK yang digunakan bagi badan usaha adalah NIK milik penanggung jawab usaha.
- Dasar hukum pembuatan usaha khusus bagi badan usaha milik Negara
- Memiliki pengesahan badan usaha dari Kementerian Hukum dan HAM bagi badan usaha berbentuk PT, CV, Koperasi, Yayasan, Persekutuan Perdata, dan Firma.



2. Cara Membuat Akun Daftar SIUP Online

Sebelum dapat membuat SIUP online melalui sistem OSS, anda harus lebih dulu membuat akun OSS. Pembuatan akun OSS untuk badan usaha dan perorangan berbeda, berikut penjelasannya :

a. Badan Usaha

- Dibutuhkan NIK milik penanggung jawab perusahaan untuk membuat user ID, dilanjut melengkapi form registrasi yang tampil di sistem OSS.
- Jika setiap kolom pada form registrasi telah diisi dengan benar, kemudian sistem OSS akan mengirim email sebanyak dua kali ke alamat email yang digunakan untuk mendaftar di awal untuk dilakukan verifikasi data pembautan akun.
- Kemudian anda akan mendapat email berisikan user ID beserta password sementara untuk bisa mengakses sistem OSS.

b. Perorangan

- Anda dapat menggunakan NIK pribadi atau pemilik perusahaan perorangan untuk pembuatan user ID pada sistem OSS.
- Mengisi setiap kolom pada form registrasi
- Mengecek email yang dikirimkan sistem OSS untuk dilakukan verifikasi data pembuatan akun OSS
- Lalu anda dapat login kembali dengan menggunakan user ID beserta password sementara yang telah dikirimkan melalui email.

3. Cara Penggunaan OSS untuk Daftar SIUP Online

- Sistem OSS dapat diakses melalui https://oss.go.id/portal/
- Pada tampilan pertama anda akan diminta untuk login dengan memasukkan user ID dan password yang telah anda dapatkan melalui email
- Kemudian anda dapat mengisi form yang tersedia untuk memperoleh NIB atau Nomor Izin Berusaha
- Bagi anda pelaku usaha yang baru memiliki usaha diwajibkan untuk melakukan proses mendapatkan izin dasar, komersial, serta operasional
- Sementara bagi anda pelaku usaha yang telah berjalan, bisa langsung melanjutkan proses untuk mendapatkan izin berusaha baru yang belum dimiliki. Anda juga bisa memperbarui data perusahaan, mengembangkan usaha, serta memperpanjang usaha bagi yang ingin tahu cara perpanjangan SIUP online ini.
- Jika jenis usaha anda berbentuk PT, maka saat memilih menu perizinan berusaha (non perseorangan), data perusahaan anda akan otomatis terisi
- Apabila data perusahaan tidak ada, maka anda dapat menyalin data yang diperoleh dari AHU online dengan langkah memilih Perizinan Berusaha (Non Perseorangan), kemudian pilih Perekaman Data Akta, dan klik Ambil Data Perusahaan (PT) dari AHU online, lalu isi kolom dengan nama perusahaan anda.
- Bagi perusahaan berbentuk CV, Koperasi, dan Perorangan, maka anda harus melakukan perekaman data secara manual pada menu Perekaman Data Akta.
- Jika anda ingin mengisi Perekaman Data Akta, baiknya siapkan lebih dulu data yang harus diisi, yakni data perusahaan, data pengurus serta pemegang saham, data modal perusahaa, dan maksud serta tujuan perusahaan yang bersangkutan
Pada saat anda ingin mendapatkan NIB anda perlu untuk memproses validasi KSWP dan NPWP yang dimiliki. Kemudian mengisi halaman form permohonan dalam lima langkah.
Dimana langkah pertama adalah untuk memastikan data perusahaan telah sesuai dengan yang ada pada halaman.
Setelah semua langkah selesai maka pada keterangan Komitmen Izin Usaha, anda dapat mencentang izin izin yang anda butuhkan kemudian klik tombol lanjut.
Pastikan anda telah mengisi semua data sesuai dengan data perusahaan anda, dan terus memantau perkembangan proses NIB.
Cara daftar SIUP online mudah dilakukan dan dapat dilakukan dimana saja, tetapi jika anda merasa kesulitan dalam proses pendaftarannya. Anda dapat menggunakan layanan Jasa Berkah untuk bisa mendapatkan surat izin usaha perdagangan.

Keuntungan Perusahaan Daftar SIUP Online

Perlu diingat bahwa surat izin usaha pedagangan atau SIUP ini wajib dimiliki oleh para pelaku usaha yang melakukan kegiatan perdagangan. Adapun keuntungan bagi peusahaan yang mendaftar SIUP Online adalah sebagai berikut :
1. Mendaftar SIUP online maupun offline memiliki keuntungan bagi perusahaan yakni sebagai alat pengesahan resmi yang didapat dari pemerintah, sehingga anda tidak akan mengalami masalah perizinan selama kegiatan usaha perdagangan dilakukan. Hal ini berbeda apabila anda tidak memilikinya, dimana suatu waktu anda akan tersandung masalah perizinan yang tidak diinginkan.

Seperti dilakukan penggusuran secara paksa sebab anda tidak memiliki izin usaha. Untuk menghindari hal tersebut, baiknya anda mematuhi aturan pemerintah untuk mendaftar surat izin usaha perdagangan sesuai dengan syarat yang diminta dan prosedur yang berlaku.

2. Bagi perusahaan yang telah mendaftar surat izin usaha perdagangan akan mudah untuk melakukan kegiatan ekspor dan impor. Dimana biasanya syarat administrasi dari kegiatan ekspor dan impor tersebut adalah memiliki SIUP, serta persyaratan surat izin usaha lainnya yang terkait.

3. Perusahaan yang telah daftar SIUP juga akan dengan mudah mengikuti lelang yang diselenggarakan pemerintah. Sebab syarat utama untuk bisa mengikutinya adalah dengan menunjukkan surat izin usaha perdagangan asli yang dimiliki. Tanpa adanya surat izin usaha perdagangan anda akan kesulitan dalam mendapat proyek besar yang bisa didapat dari lelang.

Daftar SIUP Online Berdasarkan Jenisnya

Bicara mengenai SIUP atau surat izin usaha perdagangan, surat izin ini memiliki beberapa jenis yang dibedakan berdasarkan besaran modal oleh perusahaan yang terkait.

Jenis SIUP dibedakan menjadi tiga, yakni :
1. SIUP Mikro : SIUP mikro adalah surat izin usaha perdagangan yang diberikan kepada perusahaan perdagangan dengan skala mikro dimana modal serta total kekayaannya tidak lebih dari Rp 50 juta.
2. SIUP Kecil : SIUP kecil adalah surat izin usaha perdagangan yang diberikan kepada perusahaan skala kecil dengan modal serta kekayaan bersih mencapai Rp 50 juta hingga Rp 500 juta, dan tidak termasuk tanah serta bangunan usaha.
3. SIUP Menengah : SIUP menengah adalah surat izin usaha perdagangan yang diberikan kepada perusahaan atau badan usaha yang memiliki modal serta kekayaan bersih mencapai Rp 500 juta hingga Rp 10 milyar, namun tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.
4. SIUP Besar : SIUP Besar adalah surat izin usaha perdagangan yang diberikan kepada perusahaan perdagangan berskala besar dengan modal dan kekayaan mencapai Rp 10 milyar atau lebih, namun tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha.

Dengan mengetahui jenis SIUP di atas, anda dapat mengetahui perusahaan anda akan mendapatkan SIUP dengan jenis yang mana. Namun, apapun jenis surat izin usaha perdagangan yang akan anda peroleh, anda harus memenuhi syarat dan melewati tata caranya seperti yang telah dijelaskan di atas.

Pemerintah akan menerbitkan surat izin usaha perdagangan anda berdasarkan domisili pemilik atau penanggung jawab perusahaan. Sehingga penting untuk memiliki surat domisili perusahaan anda sendiri.

Bagi perusahaan skala kecil dan menengah, akan mendapatkan SIUP yang dikeluarkan oleh Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Tingkat II atas nama menteri.

Sedangkan Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Daerah Tingkat I atas nama Menteri akan mengeluarkan SIUP untuk perusahaan berskala besar.

Anda tidak dapat menyepelekan pentingnya pengurusan daftar SIUP ini, baik yang dilakukan secara online maupun dengan mengunjungi langsung kantor perizinan yang ada di kota atau provinsi anda.

Sebab pemerintah telah membuat kebijakan yang mengatur mengenai SIUP ini. Dimana juga ada kebijakan pemerintah yang tertuang pada Peraturan Menteri Perdagangan 46 Tahun 2009 Pasal 4 ayat 1 huruf C, menjelaskan mengenai pengecualian kewajiban memiliki SIUP.

Pengecualian Perusahaan Daftar SIUP Online

Ada beberapa pengecualian memiliki surat izin usaha perdagangan, mereka ini adalah perusahaan perdagangan mikro dengan kriteria sebagai berikut :
- Usaha berbentuk perseorangan atau persekutuan
- Kegiatan usaha diurus serta dijalankan atau dikelola oleh pemiliknya sendiri, atau anggota keluarga yang bersangkutan
- Memiliki kekayaan bersih paling tinggi hanya sebesar Rp 50 juta dan tidak termasuk tanah serta bangunan tempat usaha.
Pembuatan surat izin usaha perdagangan biasanya membutuhkan waktu hingga dua minggu. Pengurusan daftar SIUP secara manual yakni dengan datang langsung ke kantor perizinan, anda akan dihubungi petugas untuk mengkonfirmasi bahwa pengambilan SIUP telah bisa dilakukan.
Contoh SIUP online berisikan data perusahaan yang anda daftarkan, yakni mencakup nama perusahaan, alamat, nama pemilik atau penanggung jawab perusahaan, alamat pemilik atau penanggung jawab perusahaan, jenis usaha yang dijalani, dan lain sebagainya.

Manfaat Daftar SIUP Online Bagi Pemilik Usaha

Sementara untuk pemilik usaha juga ada manfaat dari mendaftar SIUP online ini, yakni :
- Perusahaan yang dijalankannya telah diakui oleh pemerintah, sehingga perusahaan tersebut akan mendapat perlindungan hukum sesuai undang undang yang berlaku.
- Pemilik usaha akan dengan mudah untuk mengajukan pinjaman modal ke lembaga keuangan seperti bank, sebab salah satu persyaratannya adalah perusahaan harus memiliki surat izin yang berlaku
- Perusahaan yang anda jalankan akan memiliki kredibilitas tinggi, dan profesional. Sebab anda telah mematuhi aturan pemerintah untuk melakukan pendaftaran SIUP secara resmi.

Sehingga tidak ada alasan untuk tidak mendaftarkan perusahaan anda supaya mendapatkan surat izin usaha perdagangan. Terlebih lagi jika perusahaan yang anda jalankan memang bergerak di bidang perdagangan.


Perusahaan yang tidak melakukan pendaftaran SIUP akan rentan mengalami masalah perizinan, seperti akan mengalami penggusuran secara paksa oleh petugas yang berwenang, sebab tidak memiliki izin usaha secara resmi yang dikeluarkan langsung oleh pemerintah.< /p>

Jika anda merasa proses pembautan SIUP online sulit untuk dilakukan, atau anda tidak memiliki cukup waktu untuk mengurusnya. Anda bisa berkonsultasi dengan biro jasa pengurusan izin usaha seperti Jasa Berkah.

Terlebih lagi perusahaan yang anda jalankan berada di Surabaya dan sekitarnya, sebab Jasa Berkah adalah perusahaan yang memberikan layanan pengurusan berbagai izin usaha termasuk surat izin usaha perdagangan atau SIUP untuk wilayah Surabaya dan sekitarnya.

Tepatnya untuk wilayah Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan, Jombang, Mojokerto, Malang, Kediri, dan Pasuruan. Mengurus pendaftaran surat izin usaha perdagangan online di Surabaya dan sekitarnya mudah dengan layanan dari Jasa Berkah.

Daftar SIUP Online Surabaya Bersama Jasa Berkah

Anda sebagai pelaku usaha atau pemilik perusahaan yang berdomisili di Surabaya dan sekitarnya tidak perlu bingung untuk mengurus berbagai surat izin usaha termasuk SIUP. Sebab anda bisa menggunakan layanan Jasa Berkah.

Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan pihak customer service Jasa Berkah melalui teks dan telepon yang bisa anda dapatkan di website resminya.

Melakukan pengurusan daftar SIUP Online Surabaya bersama Jasa Berkah mudah dan praktis dengan kualitas dokumen terbaik.

Jasa Berkah memberikan penawaran harga yang terjangkau untuk layanan pengurusan berbagai izin usaha. Sehingga tidak memberatkan para pelaku usaha baik itu badan usaha berskala kecil sekalipun.

Jasa Berkah memberikan pelayanan dengan jam operasional mulai dari 9 pagi hingga 5 sore, dengan proses yang jelas, dimana pengurusan izin usaha anda akan dikelola dengan profesional sehingga tidak ada masalah di masa yang akan datang terkait keabsahan surat izin usaha anda.

Proses pengurusan izin usaha anda juga akan selesai tepat waktu sesuai dengan waktu tenggat yang ditawarkan yang merupakan batas akhir dari proses pengurusan izin usaha anda.

Telah banyak pelaku usaha dan badan usaha baik skala kecil, menengah, maupun besar yang telah bekerjasama dengan Jasa Berkah dalam pengurusan surat izin usaha.

Jadi tunggu apa lagi untuk daftar SIUP online Surabaya anda bersama Jasa Berkah, proses cepat, harga terjangkau, dan kualitas tinggi baik dari kualitas dokumen maupun pelayanan yang diberikan.